BPMP2KB Kota Tangsel Kembali Gelar Nikah Masal | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / BPMP2KB Kota Tangsel Kembali Gelar Nikah Masal
Iklan Ucapan

BPMP2KB Kota Tangsel Kembali Gelar Nikah Masal

Pondok Aren – Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan  Perempuan Dan Keluarga Berencana (BPMP2KB) Pemkot Tangerang Selatan bekerja sama dengan Kantor Pengadilan Agama Tangerang menyelenggarakan nikah massal.

“Sebanyak 50 pasangan pasutri akan disahkan melalui pengadilan agama dan mendapatkan buku nikah dan akta kelahiran, pemberian akta kelahiran,” Kata Kepala BPMP2KB Kota Tangsel, Apendi di Aula Balai Ratu, Tegal Rotan Kecamatan Pondok Aren, Jumat (4/11-2016)

Peserta nikah massal ini berjumlah 200 pasang pasutri yang dibagi dalam 4 (empat) tahap yang di dominasi oleh pasangan usia lanjut.

“Acara hari ini tahap ke dua, dan sudah 100 pasang pasutri yang sudah dilaksanakan, tahap berikutnya Minggu depan,” ujarnya.

Selama ini belum mempunyai surat nikah yang dikeluarkan oleh instansi terkait, dalam hal ini Kantor Urusan Agama (KUA).

“Isbat nikah ini dilakukan agar pasangan suami istri mempunyai buku nikah yang berakibat hukum pada waris dan identitas anak,“  jelasnya Apendi.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie yang hadir dalam kegiatan itu menambahkan Isbat Nikah merupakan proses pencatatan nikah terhadap pernikahan siri yang telah dilakukan untuk mendapatkan akta nikah sebagai bukti keabsahan pernikahan yang telah dilakukan.

“Penetapan isbat nikah oleh Pegadilan Agama bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak-anak dari perkawinan yang tidak tercatat,” ujarnya.

Kota Tangsel telah dilakukan isbat nikah dari tahun 2010 sampai dengan 2015 sebanyak 1.156 pasang. Baik oleh BPMPPKB, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), dan organisasi lainnya.

Dengan layanan terpadu isbat nikah pasangan suami istri langsung mendapatkan salinan penetapan dari Pengadilan Agama yang berkekuatan hukum tetap. Mendapatkan akte nikah dari KUA dan untuk memperoleh akte kelahiran anak dengan menyerahkan surat nikah ke Disdukcapil.(*)

Penulis  : IsOne/Syafri

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Launching FJTangsel 2017, Spirit Smart Dan Modern Jurnalism

Tangsel – Perhelatan Akbar Festival Jurnalistik Tangsel (FTJ) 2017 resmi dilaunching, di Resto Bupe, Serpong, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan