BPMPPKB Tangsel Perkuat Peran Satgas Perlindungan Anak | BIDIK Tangsel
Festival Jurnalistik Tangsel 2017
Home / Hukum / BPMPPKB Tangsel Perkuat Peran Satgas Perlindungan Anak

BPMPPKB Tangsel Perkuat Peran Satgas Perlindungan Anak

Serpong – Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memperkuat peranan Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak (Satgas PPA).

Kepala BPMPPKB, Apendi mengatakan, melalui penguatan  peran Satgas PPA, tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Tangsel dapat diminimalisir.

“Dengan penguatan Satgas ini tindak kekerasan anak dan perempuan bisa diminimalisir dan sekalipun ada tindakan tersebut dengan cepat bisa kita proses,” ujar Apendi di Anggrek Resto Serpong Senin (11/4/2016).

Satgas PPA dibentuk disetiap Rukun Warga (RW) se-Kota Tangsel.

“Jadi dengan dibentuknya Satgas tiap RW perlindungan akan lebih terkontrol sampai lapisan masyarakat paling bawah,” katanya.

Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Wahyu Hartomo mengapresiasi atas minimnya pengaduan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Apresiasi tersebut disampaikannya seusai acara penguatan peran Satuan Tugas Perlindungan Anak (Satgas PA).

Wahyu menilai, dari berbagai pengaduan yang diterima Kementerian tidak ada laporan Kota Tangsel.

“Itu berarti instansi terkait sudah mampu secara mandiri mengatasi hal kekerasan terhadap anak dan perempuan, pencegahannya dilakukan dengan baik,” ungkapnya.

Justru sebaliknya, data pengaduan yang terbanyak didapati Kementerian pada daerah Indonesia bagian Timur.

“Seperti Papua dan Maluku banyak laporan yang kita terima, seperti kekerasan seksual baik terhadap anak atau pun perempuan,” papar Wahyu.

Berbagai pelatihan penting dilakukan guna membekali Satgas Perlindungan Anak yang diharapkan memiliki output dapat melakukan pendampingan.

“Pendampingan ditujukan agar berbagai program pencegahan dapat tepat dipahami masyarakat, dan mendampingi korban mengikis trauma yang diderita,” pungkasnya (Dede R)

Hubungi Kami Melalui WA

About Redaksi

Check Also

Perjuangan Setu Parigi Diawali Dari Beksi Sanghiyang Putih

Pondok Aren – Perjalanan sejarah beladiri Beksi Sanghiyang Putih (BSP) berasal muasal lahir dari Beksi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: