BPSK Kota Tangsel Gelar Sidang Pertama, Gugatan Pedagang Bumbu Masak Kepada KSP Warna Artha | BIDIK Tangsel
Home / Hukum / BPSK Kota Tangsel Gelar Sidang Pertama,
Gugatan Pedagang Bumbu Masak Kepada KSP Warna Artha
Iklan Ucapan

BPSK Kota Tangsel Gelar Sidang Pertama,
Gugatan Pedagang Bumbu Masak Kepada KSP Warna Artha

Serpong – Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Tangsel, Senin (23/09-2016) menggelar sidang persidangan pertama gugatan konsumen Dedy (35), pedagang bumbu masak di pasar Serpong, Tangerang Selatan kepada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Warna Artha yang juga merupakan nasabah koperasi itu.

Sidang BPSK dipimpin oleh Ketua Hakim Cahyana dengan anggota hakim Edy Rusli dan Kapri yang dihadiri pihak konsumen dan kuasa hukum Koperasi Warna Artha, untuk memeriksa kelengkapan data dan dokumen kedua.

Dalam persidangan itu, Hakim anggota Edy Rusli menjelaskan kepada kedua pihak bahwa ada tiga cara pengelesaian yang dapat dilakukan seperti penyelesaian sengketa konsumen di BPSK dilakukan dengan cara mediasi/konsiliasi/arbitrase.

Konsumen dapat mengajukan gugatan pada pelaku usaha melalui badan penyelesaian sengketa konsumen atau ke badan peradilan.Ini diatur didalam Pasal 23 UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (“UUPK”).

 “Kita persilahkan kedua pihak yang berpekara untuk menentukan yang terbaik, apakah mediasi, konsolidasi, dan arbitrase,” kata Hakim Anggota Edy Rusli.

Lebih lanjut, hakim anggota Edy Rusli menjelaskan kepada pihak yang bermasalah untuk mengadakan perundingan untuk menemukan satu titik temu agar kasus itu tidak berlanjut.

Tetapi jika tidak ada titik temu antara kedua pihak yang bermasalah, maka BPSK akan memutuskan melalui arbitrase.

“Keputusan BPSK berbentuk final dan mengikat namun bisa dibanding dan atau diuji melalui pengadilan negeri dan terakhir kasasi Mahkamah Agung (MA).” ujar Hakim Anggota.

“Menunggu dipenuhi persyaratan dari kuasa koperasi untuk menghadirkan dan atau melampirkan akta pendirian, legalitas koperasi,sehingga persidangan dapat berjalan sesuai UU. Karena persidangan hari ini, kita sudah memasuki persidangan pertama,” jelas Hakim anggota.

Ketua Majelis Hakim memutuskan akan menggelar sidang ,1 (satu) minggu depan, Senin 3 Oktober 2016, jam 13:00 WIB dengan agenda kedua pihak sudah melengkapi kekurangan data administrasi sehingga persidangan minggu depan dapat berjalan. (IsOne)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Kembali Warga RW 05 Paku Jaya Protes Proyek TOL Serpong

Serpong Utara – Warga RW 05 Kelurahan Pakujaya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan