Daun Ganja Asal Aceh Dimusnahkan, 6 Tersangka Di Amankan | BIDIK Tangsel
Home / Hukum / Daun Ganja Asal Aceh Dimusnahkan, 6 Tersangka Di Amankan

Daun Ganja Asal Aceh Dimusnahkan, 6 Tersangka Di Amankan

Daun ganja kering asal Aceh seberat 734 kilogram, dimusnahkan oleh Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri
Iklan Ucapan

Kota Tangerang – Daun ganja kering asal Aceh seberat 734 kilogram, dimusnahkan oleh Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, dengan cara dibakar di Incenerator Garbage Plant Bandara Soekarno Hatta.

Kombes Pol Rikhwanto selaku Kabagpenum Div Humas Polri menjelaskan ganja sebanyak 734 kilogram yang dimusnahkan kali ini merupakan hasil penangkapan di Jalan Raya Ciberes, depan Pabrik Buni Pitek Indonesia Kelurahan Ciberes, Kecamatan Patok Beusi, Subang Jawa Barat, Kamis (19/06/2016) lalu.

“Sebanyak 734 bungkus narkotika jenis ganja, jadi satu bungkus itu beratnya  1kilogram, jadi totalnya 734 kilogram. Sekarang ini kita musnahkan semuanya,” ungkap Rikhwanto kepada wartawan Senin (20/6/2016).

Ganja  tersebut berasal dari Aceh dan rencananaya akan ditujukan ke Jawa Barat dan juga disebarkan ke seluruh pulau Jawa dan wilayah tanah air lainnya.

Selain daun ganja kering, polisi juga mengamankan pelaku sebanyak 6 orang yang memiliki peran masing-masing diantaranya, Supir (Zulkifli, 35), kenek (Winarto, 49), memberi tahu tempat berlabuh truck tersebut (Dadam,33), kemudian ada yang penerima  yakni, Arif Hidayat (29), Abdul Muhlis (23) dan Sukma Wansyah (26) yang ditangkap di Karawang, Jawa Barat pada, Jumat (20/6/2016) lalu.

“Kita amankan 6 tersangka, 2 orang dari Aceh membawa truck Tronton , kemudian 1 orang menunggu di tangerang untuk menunjukkan tempat truck itu akan berlabuh nantinya dimana. Kemudian di TKP penangkapan, kita dapatkan informasi akan datang 3 orang yang akan mengambil Truck tersebut yang isinya adalah ganja. Tiga orang ini kita selidiki dan berhasil kita tangkap di daerah Kerawang,” terang Rikwanto.

Lanjut Rikhwanto, dari pengakuan tersangka baru 2 kali melancarkan aksinya  dan mereka dapat upah dari Aceh sampai daerah Subang, Jawa Barat 40 juta rupiah sekali trayek.

Modus operandi yang dilakukan pelaku yakni menyembunyikan Ganja tersebut di dasar lantai bak truck yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Namun, berkat kejelian petugas, ratusan kilo ganja tersebut berhasil digagalkan.

“Modusnya jelas, ganja ini akan dijual ke daerah jawa. Caranya adalah, ganja tersebut telah dipres, dikemas dalam bentuk bungkusan seberat 1 kilogram, dimasukkan ke dasar truck. Dasar truck itu dibuat sedemikian rupa sehingga ada cukup ruang disitu, kemudian ditutupi papan. Papan yang menutup ini seolah-olah  dasar dari truck itu, padahal dibawahnya tersembunyi 734 kilogram ganja itu,” paparnya.

Ia menjelaskan, pihaknya masih melakukan pengembangan dan pengejaran terhadap otak pelaku atau pemilik ratusan kilogram ganja tersebut.

“Sementara ini  kita masih kembangkan, karena yang memesan untuk ganja itu dibawa dari Aceh ke Jawa Barat itu yang namanya  BOS (DPO), BOS  ini memerintahkan orang-orang yang ia percaya untuk ambil truck dari sana bawa ke Jawa.  Kita sedang kembangkan yang namanya ‘BOS’, kita bisa duga ‘BOS’ ini otak pelaku atau pemilik asli sebenarnya,” bebernya.

Selain 734 kilogram ganja kering, polisi juga mengamankan  1 truk Tronton  BK 9883 MM beserta surat-suratnya, 1 buah handphone Nokia, 1 buah handphone Polytron, 1 buah handphone strawberry, 1 buah handphone Steele, 1 unit mobil Avanza  F 1598 LX berikut kunci dan STNK.

Atas perbuatannya, terhadap tersangka terancam penjara paling lama 20 tahun dan paling singkat 6 tahun, sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009, pasal 114 ayat (2) junto pasal 132 ayat 1. (IsOne/Iyr)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Gebyar HUT RI Ke 72 Di Gelar Kecamatan Setu

Setu – Gebyar Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-72 di gelar secara meriah dengan mudik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan