Dinkes Tangsel Gelar Loka Karya Akreditasi FKTP UPT Puskesmas | BIDIK Tangsel
Home / Kesehatan / Dinkes Tangsel Gelar Loka Karya Akreditasi FKTP UPT Puskesmas

Dinkes Tangsel Gelar Loka Karya Akreditasi FKTP UPT Puskesmas

Iklan Ucapan

Pondok Aren – Permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat selama ini yang mendasar meliputi dua hal, antara lain kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas kesehatan yang mempunyai fasilitas sarana prasarana yang mencukupi kebutuhan secara kualitas/kuantitas, dan pelayanan yang optimal kepada masyarakat (luar maupun dalam gedung).

Tahun 2016 ini Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan menggelar Loka Karya Akreditasi FKTP UPT Puskesmas.

Puskesmas yang masuk kriteria untuk diakreditasi itu di antaranya, Puskesmas Pamulang, Puskesmas Pondok Jagung, Puskesmas Pondok Aren, Puskesmas Ciputat, Puskesmas Serpong 2, dan lainnya.

Kali ini Puskesmas Pondok Aren setelah mengikuti lokakarya selama 4 hari (21-25 April 2016), optimis Lulus Akreditasi Paripurna. Dengan sumber dana yang dimiliki UPT Puskesmas Pondok Aren ; APBD (Operasional Rp. 310.861.000,- dan BOK (DAK) Rp.176.593.305,- ), JKN Rp.2.450.430.000,-  kegiatan 40% Rp. 735.129.000,-.

Akreditasi Puskesmas ini merupakan pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah dinilai bahwa Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan.

Manfaat akreditasi buat Puskesmas adalah memberikan keunggulan kompetitif dengan menjamin pelayanan kesehatan primer yang berkualitas, meningkatkan pendidikan dan kerja tim antar staf serta meningkatkan keamanan dalam bekerja.

Sedangkan bagi masyarakat sebagai pengguna jasa, akreditasi Puskesmas akan memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap Puskesmas dan memberikan jaminan kualitas.

“Kalau tidak diakreditasi tidak bisa bekerjasama dengan BPJS, “ kata Kepala Dinas Kesehatan Tangsel Suharno saat di wawancara dalam acara penyambutan Deputi Pelayanan Publik PAN RB di Puskesmas Pondok Betung kecamatan Pondok Aren belum lama ini.

“Setiap tahun Puskesmas didorong untuk semakin siap untuk terakreditasi sehingga ditargetkan pada tahun 2019 semua Puskesmas sudah terakreditasi.” pungkasnya. (Isone/Sugeng)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Honor Nunggak, BPSK Tangsel Tetap Lakukan Sidang

Serpong – Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dibentuk berdasarkan UU No. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan