FKTP Puskesmas Pondok Aren, Percontohan Puskesmas Berprestasi Di Tangsel | BIDIK Tangsel
Home / Kesehatan / FKTP Puskesmas Pondok Aren, Percontohan Puskesmas Berprestasi Di Tangsel
Iklan Ucapan

FKTP Puskesmas Pondok Aren, Percontohan Puskesmas Berprestasi Di Tangsel

Pondok Aren – Salah satu upaya meningkatkan kualitas pelayanan adalah melakukan penilaian kinerja Puskesmas melalui akreditasi Puskesmas. Dengan adanya akreditasi Puskesmas maka dapat diketahui kondisi jumlah dan kualitas sarana prasarana, ketenagaan dan kinerja Puskesmas.

Sehingga Dinas kesehatan Kabupaten/Kota mengetahui kemampuan Puskesmas di wilayah kerjanya dan tahu apa yang harus dibina dari setiap Puskesmas sesuai kondisi dan masalah yang ada

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Puskesmas Pondok Aren, dalam Penilai Lomba Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Banten, pada hari Senin (25/7-2016) di FKTP Puskesmas Pondok Aren

Hadir dalam acara penyambutan tim penilai tersebut Anggota DPRD Kota Tangsel Ir. H. Gacho Sunarso, H. Mursyidi Ilyas, Tim Penilai dari Dinkes. Provinsi Banten, Dr. Tito Dana Adhitya, Sekdis Kesehatan Kota Tangsel, drg. Khairati M.Kes, Plt. Camat Pondok Aren, H. Makum Sagita, Kepala Puskesmas Pondok Aren, drg. I.Gusti A.R.Ratih, para Lurah se-Kec. Pondok Aren, para Ka. Puskesmas yang ada di Kecamatan Pondok Aren, Ketua RT/RW, serta para Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Dalam sambutannya Anggota DPRD Kota Tangsel, Ir. H. Gacho Sunarso mengatakan bahwa Puskesmas Pondok Aren menjadi Percontohan Puskesmas di Kota Tangsel dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat harus menjadi lebih baik.

Sebagai Wakil Rakyat di Tangsel ia juga merasakan miris dengan mencuatnya kasus vaksin palsu, walaupun di Pondok Aren dirasa tidak ada vaksin palsu.

“Pak Lurah tetap harus mengontrol, karena ini bagi saya kejahatan vaksin palsu sama juga dengan kejahatan teroris,” katanya dalam sambutan dihadapan Tim

Menurutnya, pelayanan di FKTP Puskesmas Pondok Aren sudah cukup baik dan itu dirasakannya sendiri.

“Ini adalah salah satu dukungan DPRD Kota Tangsel, karena Puskesmas ini menjadi wakil dalam lomba Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Banten, didalam menyambut persiapan penilaian ini ,” tambahnya.

Sedangkan, Kepala Puskesmas Pondok Aren drg. Ayu (nama sapaan akrab I. Gusti Ayu R. Ratih) memaparkan bahwa Puskesmas Pondok Aren adalah Puskesmas yang tertua di Tangsel dengan umurnya sekitar 40 tahun merupakan pemekaran dari wilayah Kabupaten Tangerang menjadi Kota Tangsel.

Sementara itu, dalam sambutannya Dinkes. Provinsi Banten, dr. Tito, Dinkes Propinsi Banten mengatakan dalam melakukan binaan perlu ditingkatkan kembali verifikasi temuan di lapangan yang akan disampaikan langsung kepada pemegang programnya.

Dalam penjurian pihaknya akan lebih selektif untuk menentukan pemenang lomba Lomba Puskesmas Berprestasi yang akan dibina untuk maju ke tingkat Nasional.

“Memang tahun ini banyak puskesmas yang ikut lomba sekaligus untuk mendapatkan akreditasi, jadi bisa meningkatkan pelayanan dan fasilitas lebih baik lagi,” pungkasnya sebelum acara penilaian dimulai. (IsOne/Sugeng)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

FGD Membangun Tangsel Berbasis Budaya

Serpong – Menjaga warisan budaya tradisional bukan hanya mencakup perlindungan tetapi juga pengembangan nya dan …

One comment

  1. ini termasuk upaya yang sangat bagus,
    sehingga kekurangan yang dimiliki suatu puskesmas akan segera teratasi, sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan