Gelaran Lebaran Betawi Tangsel 2016 sebagai Harmoni Budaya | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Gelaran Lebaran Betawi Tangsel 2016 sebagai Harmoni Budaya
Iklan Ucapan

Gelaran Lebaran Betawi Tangsel 2016 sebagai Harmoni Budaya

Pondok Aren – Kembali Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Tangerang Selatan (LIMABETA) akan menyelenggarakan Gelaran Lebaran Betawi Tangsel 2016/ 1437 H. di Jalan Jurangmangu Barat, Kel. Jurangmangu Barat, Kec. Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, mulai Jumat, Sabtu dan Minggu, 5, 6, 7 Agustus 2016.

Pembukaan resmi Gelaran Budaya Lebaran Betawi Tangsel 2016 sedianya akan dilaksanakan, Sabtu 6 Agustus 2016 dan dibuka langsung oleh Walikota Tangerang Selatan, Hj. Airin Rachmi Diany serta disaksikan oleh para pejabat di pemerintahan Kota Tangerang Selatan, para Ulama, para Seniman Betawi diantaranya H. Ridwan Saidi, Kepolisian, TNI dan para undangan, serta seluruh komponen masyarakat yang ada Pondok Aren dan sekitarnya.

IMG_3135_ok

Lebaran, bagi masyarakat Betawi, menjadi momen puncak pemulihan diri dalam membina silaturahim dengan masyarakat di sekitar. Peristiwa ini bukan sekadar peringatan hari raya,melainkan juga penyatuan harmoni budaya yang telah berlangsung selama berabad-abad.

Lebaran Betawi Tangsel yang kedua kalinya yang digagas oleh LIMABETA merupakan manifestasi dari sebuah kegelisahan kian memudarnya budaya dan kesenian yang berkembang dalam masyarakat Kota Tangerang Selatan yang mayoritas beretnis Betawi.

Melalui Lebaran Betawi Tangsel yang kedua kalinya tahun 2016 ini diharapkan menjadi ajang silaturahim antar pelaku seni dan budayawan Betawi di Tangerang dan sekitarnya untuk menjaga dan melestarikan serta memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang kesenian serta kuliner Betawi yang bertahan sampai dengan saat ini.

Selama gelaran berlangsung, panitia menyediakan dua buah panggung megah. pada kedua panggung tersebut masyarakat akan dimanjakan dengan hiburan dan kesenian betawi, seperti : Lenong Betawi, Pantun Betawi, Tarian Betawi dan Silaturahim lebih dari 50 padepokan dan perguruan Silat tradisi yang tersebar diseantero Jabodetabek.

Selain itu, panitia juga akan menyediakan hiburan Band Betawi kenamaan “Band Biang Kerok”, band yang dimotori oleh anak dari Seniman multitalenta, H. Benyamin Sueb. Yang tak kalah menariknya, Gelaran Budaya Lebaran Betawi Tangsel 2016/ 1437 H yang merupakan kerja LIMABETA dengan KANTOR KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA TANGERANG SELATAN juga akan menggelar aneka lomba kreatifitas seni dan budaya diantaranya, lomba menghias ondel-ondel, lomba masakan kuliner betawi, lomba Qasidah/Marawis dan lomba melukis kaligrafi.

Selama tiga hari gelaran, tidak ketinggalan Komedi putar turut meramaikan acara, serta stand-stand pedagang makanan kuliner Betawi yang siap memanjakan lidah para pengunjung, lengkap dengan prosesi pembuatan dodol Betawi. Gelaran Budaya Lebaran Betawi Tangsel telah menjadi agenda tahunan sehabis Lebaran Idul Fitri. (IsOne)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Walikota Tangsel Kunjungi Pospam Bintaro Jaya

Pondok Aren – Jelang takbiran puluhan botol minuman keras (Miras) di sita dan sejumlah remaja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *