Gerakan Indonesia Membaca Program Buku Bacaan Berjenjang di SDN 2 Jelupang Tangsel | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Gerakan Indonesia Membaca
Program Buku Bacaan Berjenjang di SDN 2 Jelupang Tangsel

Gerakan Indonesia Membaca
Program Buku Bacaan Berjenjang di SDN 2 Jelupang Tangsel

Iklan Ucapan

Serpong Utara – Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Drs. H. Benyamin Davnie bersama Dirjen. Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad dan Wakil Duta Besar AS, Brian McFeeters mengunjungi SD Negeri 2 Jelupang, Kec. Serpong Utara Kota Tangsel.

Kegiatan tersebut dalam rangka menyerahkan secara simbolis 600.000 buku bacaan berjenjang yang akan didistribusikan ke 986 sekolah dasar di 7 (tujuh) Kabupaten/Kota di Provinsi Banten pada hari Selasa (24/5-2016) di SDN 2 Jelupang Kota tangsel.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Tangsel, Drs. H. Benyamin Davnie, Kadis. Pendidikan Provinsi Banten, Endang Kosasih S, Kadis. Pendidikan Kota Tangsel, H. Mathodah, Direktur Program USAID PRIORITAS, Stuart Weston, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Direktur USAID Indonesia, Andrew Sission, Wakil Duta Besar Amerika Serikat, Brian McFeeters dan para Kepala UPT se Tangsel.

IMG_20160524_091257

Dalam kunjungan ke Provinsi Banten beberapa ewaktu lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan menekankan pentingnya mengembangkan minat baca siswa di sekolah melalui dan memperkenalkan waktu membaca disekolah selama 15 menit setiap pagi sebelum memulai pembelajaran.

“Peluncuran gerakan ini menjadi tidak bermakna jika tidak ada proses membaca di sekolah,” ungkap Menteri Pendidikan dan kebudayaan, Anies Baswedan.

Program ini telah menyediakan dukungan teknis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan manajemen di lebih 2.192 sekolah dasar dan sekolah menengah, dan telah melatih lebih dari 10.786 guru.

Pemerintah daerah telah menerima dukungan dalam kegiatan koordinasi, perencanaan dan pendanaan jasa pendidikan terutama dalam penataan dan pemerataan guru.

Menurut Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad mengatakan data yang ada di Kemendikbud ada 46 juta siswa yang akan ditangani, ditambah madrasah menjadi 54 juta siswa dan jumlahnya cukup besar dan kemudian ada yang untuk masyarakat dengan nama “Gerakan Indonesia Membaca”.

Peran Pendidikan Masyarakat (Dikmas) bagaimana masyarakat ini ikut menjaga lingkungan baik bagi anak-anak kita dengan membaca, program USAID PRIORITAS lakukan adalah bagian program kemitraan dengan kami, bagaimana masyarakat itu gemar membaca dan bagaimana siswa-siswa kita ini gemar membaca.

Oleh karena itu sumbangan dengan 8 juta buku itu tentu sangat berarti, walaupun dibandingkan jumlah siswa itu belum cukup.

“Kami tetap berharap kemitraan dengan semuanya terus berlanjut karena kita berharap semua anak-anak kita disekolah termasuk orang tua, guru dan masyarakat pada umumnya semuanya gemar membaca dan memahami apa yang dibaca dengan baik,’ ujar Dirjen Pendidikan dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad dalam konferensi pers nya.

Di Provinsi Banten USAID PRIORITAS bekerja di 7 (tujuh) kabupaten dan kota (Cilegon, Lebak, Kota Tangerang, Kabupaten Serang, Pandeglang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan) dan 2 (dua) Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

USAID PRIORITAS merupakan satu dari jumlah program pendidikan di Indonesia yang membantu individu, organisasi dan institusi mendapatkan pengetahuan, kemampuan dan kapasitas untuk mendukung upaya Indonesia di bidang pembangunan. (IsOne/Abah)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Dzikir Dan Tausyiah Dalam Rangka Tasyakur Kemerdekaan RI Ke 72

Serpong – Dzikir dan Taushiyah dalam Rangka Tasyakuran Kemerdekaan RI ke-72, diselenggarakan oleh Forum Masjid …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan