Hari Kesehatan se-Dunia tahun 2016, Cegah, Obati dan Lawan Diabetes. | BIDIK Tangsel
Home / Kesehatan / Hari Kesehatan se-Dunia tahun 2016, Cegah, Obati dan Lawan Diabetes.

Hari Kesehatan se-Dunia tahun 2016, Cegah, Obati dan Lawan Diabetes.

Iklan Ucapan

Serpong – Kunjungan Kerja Menteri Kesehatan, Nilla F Moeloek, dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Se-Dunia Tahun 2016, dengan tema “Cegah, Obati dan Lawan Diabetes, yang diikuti sekitar ribuan orang .

Acara yang dilaksanakan pada hari Minggu (10/4-2016) pagi di Parkir Selatan Pasar Modern BSD City, Jl. Letnan Sutopo, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Tampak hadir  Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes , Mohammad Subuh, Gubernur Banten H. Rano Karno, Walikota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany dan Wakil Walikota Tangsel, H. Benyamin Davnie.

Dalam sambutan pertama yang diawali Gubernur Privinsi Banten, H. Rano Karno mengatakan bahwa penyakit Diabetes merupakan permasalahan kita bersama di Provinsi Banten ini.

“Untuk mencegah penyakit Diabetes peran Pos Pelayanan dan Pembinaan Terpadu (Posbindu) yang ada disetiap Kab/Kota se Banten mesti optimal.” kata H. Rano.

Kedepannya setiap Desa/Kelurahan sekurang-kurangnya mempunyai satu Posbindu untuk melayani seluruh penduduknya. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong dan memotivasi masyarakat untuk secara berkala memeriksakan diri ke Posbindu agar Diabetes dapat diketahui sedini mungkin.

Selanjutnya Menteri Kesehatan, Nilla F Moeloek dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagian besar kasus Diabetes sebenarnya dapat dicegah, karena 90 persen kasus ini merupakan diabetes tipe 2 yang disebabkan gaya hidup tidak sehat.

“Gaya hidup yang tidak sehat dan kurangnya berolahraga yang pada umumnya terjadi dimasyarakat Indonesia baik pedesaan maupun perkotaan secara tidak langsung menyebabkan sejumlah penyakit, salah satunya adalah penyakit diabetes.” Ujar Nilla F Moeloek.

Untuk itu pihaknya terus mengkampanyekan pencegahan terhadap penyakit ini dan sesuai dengan Tema Hari Kesehatan se-Dunia tahun 2016 yaitu, Cegah, Obati dan Lawan Diabetes.

Terkait, Hari Kesehatan ini Kementrian Kesehatan juga sempat melakukan cek darah terhadap sekitar 450 orang di Pasar Modern BSD City dan diketahui sekitar 5 persen gula darahnya cukup tinggi sehingga rentan terkena diabetes.

Hal ini sesuai dengan data tingkat Nasional bahwa diabetes menjangkiti sekitar 6 – 7% di Indonesia baik warga pedesaan maupun perkotaan.

Lanjutnya, sehingga hal ini cukup menghawatirkan dan perlu dicegah dan dilawan serta diobati. Terlebih lagi diabetes ini juga akan menyebabkan penyakit lainnya seperti gangguan mata, jantung dan komplikasi lainnya yang menyebabkan kematian.‎

Diabetes merupakan penyebab kematian terbesar ketiga di Indonesia. Untuk melakukan pencegahan penyakit salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan dan Pasar Modern BSD City ini sudah menerapkannya.

Sehingga pasar ini cukup terjaga saluran air maupun kebersihannya. “Bapak Presiden RI j uga sudah mengintruksikan agar disetiap daerah membangun pasar-pasar seperti ini agar lingkungan dan masyarakat terjaga kesehatannya”, pungkasnya. (Sugeng)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Penganiayaan Seorang Pelajar Terekam CCTV

Pamulang – Telah terjadi Tindak Pidana Penganiayaan sebagaimana di maksud dalam Pasal 351 KUHP dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan