Islamic Development Bank (IDB) Sambangi 5 Kelurahan di Pondok Aren | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Islamic Development Bank (IDB) Sambangi 5 Kelurahan di Pondok Aren
BCA Personal Loan

Islamic Development Bank (IDB) Sambangi 5 Kelurahan di Pondok Aren

Pondok Aren – Tim dari Islamic Development Bank (IDB) mengunjungi Kota Tangerang Selatan (Tangsel) guna mengevaluasi penyaluran dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) per kota-an yang telah mereka berikan kepada warga kota setempat.

“Mereka ke sini untuk melihat perubahan-perubahan yang terjadi setelah penyaluran dana PNPM pada tahun 2009-2013,” kata Raihan Virlandi, Perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat/PUPR di Kelurahan Pondok Aren Kecamatan Pondok Aren Kota Tangsel, Minggu (23/7-2016).

Menurut dia, mereka ingin melihat seberapa manfaatnya serta berhasilnya program PNPM Per Kotaan serta merubah paradigma bagi masyarakat, bukan saja dari pelaksanaan phisik atau pelatihan dan sebagainya, tapi bagaimana masyarakat dapat berubah ke yang lebih baik.

Dalam kedatangannya, Tim IDB ke Kecamatan Pondok Aren Kota Tangsel melihat hasil pelaksanaan program tersebut di 5 Kelurahan (Parigi Baru, Pondok Pucung, Pondok Aren, Pondok Jaya, Jurang Mangu Timur) Kec. Pondok Aren Kota Tangerang Selatan.

“Program PNPM itu untuk masyarakat dan dikerjakan oleh masyarakat sendiri sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan Raihan Virlandi, sekarang pelaksanaan program PNPM itu sudah dihapus, dan tidak dilanjutkan lagi tapi karena kita punya Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang kuat dan didampingi oleh fasilitator.

“Dari Kementerian PUPR, dapat amanat dalam melakukan pemberantasan kawasan kumuh sekarang, tetap menggunakan lembaga swadaya masyarakat atau BKM. Karena BKM ini sudah terbentuk sejak tahun 2009, jadi kami mengajak masyarakat tetap punya andil dalam program kwasan kumuh ini,” tambahnya.

Sementara itu, Lurah Parigi Baru, H. Idris mengatakan bahwa kedatangan Islamic Development Bank (IDB) tersebut untuk mengevaluasi dana PNPM di wilayahnya, seperti bedah rumah, perbaikan jalan, memberikan pinjaman sebagai modal usaha tanpa bunga, dll. katanya menjelaskan.

“Program PNPM itu untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup, lingkungan, dan perekonomian dalam upaya pengentasan masyarakat dari kemiskinan,” katanya menandaskan.

Lurah H.Idris berharap dengan adanya BKM, dalam melakukan upaya pengentasan masyarakat dari kemiskinan itu dapat membantu Pemkot Tangsel dalam rencana revitalisasi kawasan kumuh di Kelurahan Parigi Baru Khususnya Kecamatan Pondok Aren. (IsOne/Sugeng)

About Redaksi

Check Also

Aksi Nyata Bidang Persampahan sebagai Eko Wisata Di TPA Cipeucang

Setu – Siapa yang menyangka, di balik permasalahan sosial Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *