Kabid Pelayanan Kesehatan Tangsel Berikan Penyuluhan Narkoba | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Kabid Pelayanan Kesehatan Tangsel Berikan Penyuluhan Narkoba

Kabid Pelayanan Kesehatan Tangsel Berikan Penyuluhan Narkoba

Iklan Ucapan

Pondok Aren – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kelurahan Parigi melaksanakan Sosialisasi Narkoba kepada seratusan remaja Kelurahan Parigi dengan tema tentang Narkoba.

Acara tersebut berlangsung di Aula PGRI Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada hari Minggu (24/7/2016).

Sebagai narasumber hadir pejabat Dinas Kesehatan Kota Tangsel, dr. Toni Kusdianto (Kabid. Pelayanan Kesehatan), Erni, S.St (Kepala Puskesmas Parigi), dr. Panji  dan dr. Prama Sara Saraswati (Petugas Akseptor).

Dalam penyampaian Sosialisasinya tentang Narkoba, dr.Toni Kusdianto, mengatakan penyampaian materi ini diberikan dalam rangka program JKN dan bagi remaja yang belum sepenuhnya mengerti dan paham tentang narkoba.

“Sasaran yang dicapai dari kegiatan ini adalah agar remaja Kelurahan Parigi  mengetahui apa itu narkoba, dan jenis narkoba serta dampak narkoba, seperti ganja, shabu, alat hisapnya, dan efek sakau,” kata dr. Toni

Dalam pengenalan tentang narkoba ini, agar lebih mengena dan dianggap agar tidak membosankan bagi para remaja yang mendengarnya, sekaligus ditayangkan video kisah seorang pelajar putri dari awal belajar coba-coba merokok, mencuri uang untuk beli narkoba, munghubungi pengedar narkoba, menyuntik, hingga mengalami sakau.

Dr. Toni menambahkan, bahwa Puskesmas sebenarnya bukan untuk tempat orang sakit, tugas sesunggguhnya dari Puskesmas yang utama ada 4, yaitu promotif, preventif, kuratif (pelayanan dasar), rehabilitif, “Hendaknya Puskesmas Sebagai Sahabat”.

Selain itu, dr. Prama ( dokter umum juga), sesuai prinsipnya Puskesmas sebagai IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor), merupakan lembaga rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial yang ditunjuk oleh pemerintah.

Dokter ini juga menerangkan bahwa dirinya sebagai petugas akseptor, bersedia menerima seseorang wajib lapor. Adalah kegiatan melaporkan diri yang dilakukan oleh pecandu narkotika yang sudah cukup umur atau keluarganya, dan/atau orangtua atau wali dari pecandu narkotika yang belum cukup umur kepada institusi penerima wajib lapor untuk mendapatkan pengobatan dan/atau perawatan melalui rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

“Untuk itu saya juga dengan bersedia bila yang datang ke kami, sesuai riwayat, penggunaan, masalah, persepsi, dan nanti kami akan berkolaborasi dengan Badan Nasional Narkotika Kota (BNNK) Tangsel.

“Bila malu untuk datang, bisa melalui nomor hp saya di 0857 1119 4197 dan akan bersifat rahasia,” tuturnya.

Menjelang acara penyuluhan atau pengenalan tentang Narkoba ini, Kepala Puskesmas Parigi, Erni, S.St berpesan agar rumah tempat tinggal masing- masing para remaja itu didalamnya harus bebas dari asap merokok.

“Saya mengingatkan jangan sampai ada staf Puskesmas yang merokok, saya akan memberi sanksi bila mana ada yang kedapatan merokok di lingkungan Puskesmas Parigi, sesuai dengan aturan,” pungkasnya. (IsOne/Sugeng)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Honor Nunggak, BPSK Tangsel Tetap Lakukan Sidang

Serpong – Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dibentuk berdasarkan UU No. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan