Kelompok KKN dan Masyarakat Semi Urban Tangerang Selatan | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Kelompok KKN dan Masyarakat Semi Urban Tangerang Selatan
Iklan Ucapan

Kelompok KKN dan Masyarakat Semi Urban Tangerang Selatan

Serpong Utara – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa minimal semester tujuh dan maksimal semester akhir, dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dan merupakan bentuk kegiatan integral dari kurikulum pendidikan Perguruan Tinggi, KKN juga menjadi bentuk konkrit dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tanggal 25 Juli 2016 yang lalu, telah memberikan pembekalan dan secara resmi melepas para mahasiswanya, untuk terjun ke masyarakat, dalam agenda kegiatan Kuliah Kerja Nyata.

Pusat Pengembangan Masyarakat (PPM) UIN Jakarta, telah bekerjasama dengan daerah-daerah terkait, dengan target wilayah yang dinilai kurang produktif, secara ekonomi ataupun sosial budaya.

Kelompok mahasiswa KKN disebar secara acak, mulai dari latar belakang jurusan perkuliahan hingga daerah penugasan selama satu bulan penuh, para mahasiswa dituntut untuk hidup dan tinggal di tengah-tengah masyarakat.

Diantara daerah yang  bekerjasama dengan UIN Jakarta yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Tangerang Selatan bekerjasama dengan UIN Jakarta, dengan beberapa agenda yang akan melibatkan para mahasiswa.

Walikota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany mempunyai program kerja KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh), dan berharap kepada para mahasiswa, untuk bisa ikut berpartisipasi dalam membantu menekan angka wilayah kumuh di Kota Tangsel.

Salah satu kelurahan di Kota Tangsel yakni kelurahan Lengkong Wetan Kec, Serpong Utara menjadi daerah tujuan KKN kami beserta dua kelompok lainnya, yaitu nomor 248 dan 249, salah satu alasan kenapa kelurahan Lengkong Wetan menjadi tujuan, karena kelurahan ini masih banyak pemukiman-pemukiman kumuh.

Secara strategis, Lengkong Wetan Kec. Serpong Utara terletak diantara dua pusat kota, yaitu BSD City dan Bintaro, lonjakan penduduk setiap tahunnya terus meningkat di kelurahan Lengkong Wetan, banyak para perantau dari daerah yang mencari kerja di pusat kota, seperti BSD, Bintaro ataupun Jakarta, dan yang menjadi tujuan bermukimnya perantau adalah kelurahan-kelurahan pinggir kota, salah satunya Lengkong Wetan.

Permasalahan yang muncul dari lonjakan penduduk di Lengkong Wetan, mengakibatkan banyaknya pembangunan gedung kontrakan yang dihuni oleh para pendatang dari daerah,  tidak ketatnya aturan pembangunan, regulasi sampah yang tidak terpadu, saluran irigasi yang kurang baik, mengakibatkan polusi sampah dimana-mana.

Kami berharap, pemkot dapat mengoptimalkan pengawasannya dalam menangani masalah sampah, seperti mengadakan penyuluhan sampah untuk masyarakat, membangun TPS 3R, sehingga DKPP sekitar dapat bekerja secara optimal.

Penanganan dan pengawasan seperti itu, yang belum terjadi di kelurahan Lengkong Wetan, seperti yang disampaikan Lurah Supriyadi dan Lembaga-lembaga kemasyarakatan sekitar.

Kami menyebut penduduk Lengkong Wetan dengan sebutan Masyarakat Semi Urban, tidak hanya pada permasalahan sampah, masih banyak lagi dan lebih, seperti: pergaulan bebas, balap liar, narkoba dan seks bebas dll, ini banyak terjadi di kalangan pemuda atau remaja setempat.

Semua permasalahan tersebut, menjadi tantangan tersendiri bagi kelompok KKN kami, kami mencoba besosialisasi dengan masyarakat dengan program kegiatan yang sudah kami siapkan, program kerja kami berkutat pada usaha penyadaran pola pikir dan interaksi sosial.

Usaha kami dapat sambutan baik dari tokoh masyarakat ataupun tokoh agama kelurahan Lengkong Wetan.

Contoh kegiatan KKN kami: program donor darah, penyuluhan sampah, pelatihan kewirausahaan dan seminar narkoba.

Tentunya, usaha yang kami adakan semoga tidak berhenti sampai program KKN kami berakhir, waktu satu bulan tidak cukup untuk memperbaiki keadaan, perlu waktu seumur hidup, untuk tetap konsisten dalam berprilaku baik.

Kami para mahasiswa, hanya sebagai mediator, mencoba untuk mengsinergikan semua kalangan dan mudahan-mudahan ada tindak lanjutnya, entah itu dari pemkot, kelurahan ataupun lembaga-lembaga kemasyarakatan khususnya yang ada di Lengkong Wetan, karena tidak mungkin tercapai cita-cita menciptakan lingkungan yang baik, tanpa adanya kerja keras dan gotong royong.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua lembaga terkait, yang sudah menyambut kami dengan hangat, Kelurahan, Rt/Rw, Karangtaruna, BKM, BLM, DKM, PKK, Pondok Pesantren Al-Husainy dll, walaupun kegiatan-kegiatan kami, jauh dari kesempurnaan, semoga menjadi jembatan untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada di Lengkong Wetan. Amiin

IMG_6591

Salam dari kami, kelompok KKN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, lokasi penugasan kelurahan Lengkong Wetan.

Penulis : Deden Muhammad Rojani, Mahasiswa UIN Jakarta

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Biar Tak Ada Intimidasi, Verifikasi Lelang Di Aula Arhanud

Serpong – Unit Layanan Pengadaan adalah unit organisasi Kementerian/ Lembaga/Pemerintah Daerah/Institusi yang berfungsi melaksanakan pengadaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan