Kelurahan Bebas Sampah, Warga Pondok Karya Bentuk Komunitas Peduli Sampah | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Kelurahan Bebas Sampah,
Warga Pondok Karya Bentuk Komunitas Peduli Sampah
Iklan Ucapan

Kelurahan Bebas Sampah,
Warga Pondok Karya Bentuk Komunitas Peduli Sampah

Pondok Aren – Gerakan Peduli Sampah adalah aksi nyata dari kita dan untuk kita, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadararan masyarakat di dalam mengatasi masalah sampah di lingkungan sekitarnya.

Dalam melakukan pengelolaan sampah, partisipasi masyarakat menjadi hal yang sangat penting sebagai produsen sampah itu sendiri.

Menangani sampah mulai dari hulu akan membuat permasalahan sampah menjadi sederhana dengan menyadarkan masyarakat untuk tidak memproduksi sampah dalam jumlah banyak, dan juga dengan tidak membuang secara sembarangan. Hal tersebut akan dapat mengurangi permasalahan sampah.

Lurah Pondok Karya Kec. Pondok Aren, Kamaludin membentuk mayarakat peduli dengan slogan “Tim Hijau” untuk merubah cara pikir masyarakat tentang sampah yang ada di sekitar.

Kemudian sikap kepedulian tersebut diterapkan dengan membentuk Tim yang terdiri dari 5 orang di masing-masing Rukun Warga (RW).

“Di Kelurahan Pondok Karya ini terdiri dari 10 RW, 7 RW di luar Komplek dan 3 RW dalam komplek perumahan,” kata Kamaludin, Lurah Pondok Karya saat di temui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (19/10-2016).

Lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang terbentuk oleh tim TPS 3R Hijau berada di RT 03/01 Kel. Pondok karya dengan luas 500 M2. Setelah sampah terkumpul nantinya petugas Mobil DKPP Kota Tangerang Selatan yang akan mengangkut sampah menggunakan mobil sampah.

Dan TPS liar yang ditutup pihak kelurahan yang selama ini menjadi tempat buang sampah adalah TPS Abadi, TPS belakang masjid Al Muhajirin, TPS dibelakang Gereja, dan TPS Bang Sari. Saat ini cukup 1 TPS saja yang berfungsi dan nantinya di masing masing RT akan ditempatkan Tong sampah.

Menurut Lurah Pondok Karya, Kamaludin kedepannya ada rencana akan membuat mesin pencacah sampah yang akan kita buat sendiri.

“Hasil dari penggilingan atau pengolahan sampah akan dikelola dan dimanfaatkan menjadi pupuk, cetak batako, atau pasir/kristal yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” ungkapnya. (*)

Penulis : IsOne

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Launching FJTangsel 2017, Spirit Smart Dan Modern Jurnalism

Tangsel – Perhelatan Akbar Festival Jurnalistik Tangsel (FTJ) 2017 resmi dilaunching, di Resto Bupe, Serpong, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan