Kepala Sekolah Punya Mimpi, Menjadikan Sekolah Adiwiyata Mandiri | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Kepala Sekolah Punya Mimpi, Menjadikan Sekolah Adiwiyata Mandiri
Iklan Ucapan
Kadis. Pendidikan Tangsel, H. Mathodah dan Kepala Sekolah SD Negeri Pondok Kacang Barat 03, Narsum, S.Pd

Kepala Sekolah Punya Mimpi, Menjadikan Sekolah Adiwiyata Mandiri

Pondok Aren – Suasana di SD Negeri Pondok Kacang Barat 03 Kelurahan Pondok Kacang Barat Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terlihat biasa saja dan tidak ada yang berbeda dari keadaan sebelumnya.

Lingkungan sekolah tampak, bersih, hijau, asri dipadukan dengan halamannya terbuat dari paving block. Ragam pohon kehidupan yang rimbun dan bunga yang tumbuh subur di halaman pekarangan samping sekolah membuat lingkungan sekolah hijau dan asri.

Guru dan siswa pun nyaman, betah ingin berlama lama di sekolah. Para orang tua terutama kaum ibu rumah tangga yang datang untuk mengantar dan jemput anaknya turut merasakan kenyamanan dan kesejukan lingkungan sekolah.

Siapa sangka, SD Negeri Pondok Kacang Barat 03 punya lingkungan yang bersih, hijau dan asri mendapat kado terindah di penghujung tahun 2016.

Narsum, S.Pd. selaku Kepala Sekolah di SD Negeri Pondok Kacang Barat 03 ini mengaku butuh perjuangan keras untuk mendapatkan prestasi ini.

“Memang untuk mencapai sebuah kemajuan dan kesuksesan butuh proses tidak bisa di raih secara instan. Begitu dengan keberhasilan yang telah diraih SD Negeri Pondok Kacang Barat 03 terpilih sebagai sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional,” katanya.

Pembenahan lingkungan SD Negeri Pondok Kacang Barat 03 ini sudah dimulai sejak 2013 lalu. Setelah setahun melakukan pembenahan baru lingkungan dan pekarangan sekolah bersih, hijau dan asri.

Sampah jenis organik dan non organik dikumpulkan kemudian diproses seperti, daun-daun diperoses dan dijadikan pupuk kompos.

Berkat perjuangan dan kerja keras pada 2014 lalu SD Negeri Pondok Kacang Barat 03 meraih Adiwiyata Tingkat Provinsi Banten dan berhasil meraih sekolah peduli dan berbudaya lingkungan Tingkat Provinsi Banten.

Menurut guru dan koordinator program ini, Sulasih mengatakan, pada awalnya ditunjuk dan menjadi koordinator program Adiwiyata di SD Negeri Pondok Kacang Barat 03, ada perasaan ragu dan bimbang.

“Lingkungan sekolah kumuh, Siswa yang bersekolah rawan terserang penyakit DBD akibat lingkungan yang kumuh,” ujar Sulasih.

Tidak sampai disitu, sampah berserakan tiap sudut lingkungan dan pekarangan sekolah. Pembenahan halaman sekolah beres, sampah pun dikumpulkan dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Singkatnya, berkat niat yang tulus dan kerja keras pelan dan pasti lingkungan dan pekarangan sekolah berbetuk menjadi sebuah sekolah dengan lingkungan yang bersih.

“Lingkungan yang bersih anak-anak bersih. Budaya kebersihan yang diterapkan kepada anak-anak dari sekolah sampai di rumah dan di tengah masyarakat juga akan bersih,” tambahnya, saat di temui bidiktangsel.com.

Kesadaran dan penerapan budaya bersih terlihat dalam diri anak, saat melihat sampah yang berserakan di lingkungan sekolah langsung diambil dan di buang ke tempat sampah organik dan non organik.

Begitu pula sampah berserakan di parit sekolah pun yang terlihat, diambil anak-anak lalu di buang ke tempat sampah.

Harapannya, adiwiyata tingkat nasional sudah dalam genggaman.

Kini, Kepala SD Negeri Pondok Kacang Barat 03 , Narsum, S.Pd. punya mimpi menjadikan sekolahnya menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri.

Dalam mewujudkan Sekolah Adiwiyata Mandiri tidak segampang membalikkan tangan. Kendala lumayan banyak dan pembangunan fasilitas perlu penataan khusus dengan master plan yang terkonsep dengan baik.

Untuk itu, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diharapkan dapat membantu fasilitas dan sarana prasarana dalam meraih Sekolah Adiwiyata Mandiri.

“Bantuan dari pemerintah sangat diharapkan meliputi, green house, mushalla serta penambahan 6 (enam) ruang kelas lagi guna menjadikan SD Negeri Pondok Kacang Barat 03 berstatus Sekolah Adiwiyata Mandiri dengan keterbatasan dana yang dimiliki sekolah,” harapnya kepada Pemkot. (*)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Dzikir Dan Tausyiah Dalam Rangka Tasyakur Kemerdekaan RI Ke 72

Serpong – Dzikir dan Taushiyah dalam Rangka Tasyakuran Kemerdekaan RI ke-72, diselenggarakan oleh Forum Masjid …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan