Anggota Koperasi Dan UKM Tangsel Gelar Sosialisasi Portal UMKM | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Anggota Koperasi Dan UKM Tangsel Gelar Sosialisasi Portal UMKM
Iklan Ucapan

Anggota Koperasi Dan UKM Tangsel Gelar Sosialisasi Portal UMKM

Pondok Aren – Pelatihan dan verifikasi data Koperasi dan UKM Kota Tangsel, bertujuan untuk menghimpun data dan juga sebagai media pemasaran, yang nanti berfungsi sebagai pemasaran produk Koperasi dan UMKM.

Untuk itu Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan menggelar kegiatan pelaksanaan program Penciptaan Iklim Usaha Kecil Menengah yang kondusif bagi para UKM dan Koperasi Tangsel selama 2 (dua) hari, tanggal 11-12 Nopember 2016 di kota Bogor.

img-20161112-wa0044

Acara yang diikuti oleh 52 peserta dari Koperasi dan UKM yang ada di Kota Tangsel untuk belajar bagaimana memasarkan produk yang akan dijual melalui online.

Menurut Kasi. Monitoring dan Evaluasi, Dinas Koperasi dan UKM Tangsel, Dra. Ety Wachjuningsih, M.Si mengatakan kegiatan ini adalah progran pelaksanaan pengolahan informasi usaha dan produk skala mikro kecil menengah.

img-20161111-wa0055

“Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan mengadakan kegiatan Sosialisasi tentang Portal UMKM Tangsel,” katanya.

Dalam sosialisasi tersebut peserta di wajibkan membawa Laptop dan produk UKM masing-masing untuk di daftarkan di Portal UMKM.

Salah satu narasumber yang diajak bermitra oleh Dinkop dan UKM adalah umkmportal.com Tjahjanto, S.Kom, MM yang pendirinya sengaja dihadirkan dalam diskusi tersebut menjelaskan bahwa dua kendala untuk memulai bisnis adalah modal dan distribusi. Namun dengan internet kedua masalah itu bisa diatasi.

Karena untuk menjual produk-produknya kini tak lagi dibutuhkan biaya untuk menyewa atau membeli ruang display atau toko.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam memasarkan produk dengan bisnis e-commerce, dari memanfaatkan sosial media, membuka toko online hingga bermitra dengan marketplace yang sudah ada.

Tiap cara atau bentuk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misal berbisnis dengan memanfaatkan sosial media, memang lebih simpel dan transaksi pembayarannya langsung antara pembeli dan penjual dan cash.

Dihari terakhir acara dilaksanakan diskusi dan tanya jawab serta saran bagi perkembangan program ini kedepannya.

“Terima kasih untuk Dinkop Tangsel, saya diberi kesempatan untuk ikut pelatihan yang akan sangat membantu kemajuan bisnis saya,” kata Mariana Ryivad, salah satu UKM Tangsel.

Para peserta berharap ke depannya UMKM Portal ini menjadi pilot project bagi produk UKM dan Koperasi agar bisa di pasarkan melalui online. (*)

Penulis : IsOne/Syafri

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Kembali Warga RW 05 Paku Jaya Protes Proyek TOL Serpong

Serpong Utara – Warga RW 05 Kelurahan Pakujaya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan