KPU Tangsel Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Dalam Pilgub Banten | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / KPU Tangsel Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Dalam Pilgub Banten
Iklan Ucapan

KPU Tangsel Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Dalam Pilgub Banten

Setu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyelenggarakan Sosialisasi dengan tema Peningkatan Partisipasi Masyarakat Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Banten Tahun 2017.

Acara yang dilaksanakan pada hari Kamis (25/8-2016) di Aula Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan dihadiri oleh Ketua KPU Tangsel M. Subhan, Asda. 1 Pemkot Tangsel, Ismunandar, Komisioner KPU Basuki Badrus, Camat se-Tangsel dan para Lurah se Kota Tangsel.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Tangsel, M. Subhan mengatakan bahwa masyarakat Kota Tangsel dengan kesadarannya yang tinggi hingga memberikan kontribusi terhadap pemerintah dan provinsi Banten khususnya.pada tahun lalu, sudah melebihi tingkat kesadaran yang tinggi hingga naik 1,9%.

“Kami berharap di Pilgub dan Pilwagub tahun 2017- 2022, lebih meningkat lagi di atas 1,9%, itu harapan kami sebagai ketua KPU Tangsel tetap optimis dan mencapai sasaran yang moderat,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Asda 1 Pemkot Tangsel, Ismunandar, menyampaikan bahwa partisipasi publik dalam konteksnya, didalam setiap pemilu ada lembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).dan turunannya ( Pawaslu kota, Pawascam,dan PPL) ini adalah bentuk pengawasan yang terlembaga dari suatu organ Negara. Rakyat pemilik kedaulatan sehingga rakyat berhak menentukan para pemimpin nya.

Sementara itu, Komisioner KPU dalam paparannya juga menyampaikan hal yang sama, kurangnya informasi, lemahnya tehnis masyarakat, kontrol terhadap proses penyelenggaraan pilkada. melengkapi tugas panwaslu, mengontrol pemilukada yang jujur dan adil (jurdil).

Hasil normatif menumbuhkan kesadaran pemilih dalam mengamankan hak suaranya melalui pengawasan partisipatif. mendorong proses pemilu berlangsung secara luber dan jurdil.

Peta simpul masyarakat,untuk meningkatkan partisipasi perlu di buat peta simpul masyarakat. di tentukan lembaga mana, kepentingan dan tahapan yang sesuai dengan kepentingan Bawaslu.

Fokus pengawasan, pola atau modus, frekfensi jenis pelanggaran yang paling sering dan masif. peta persebaran pelanggaran.

Yang menjadi fokus adalah masalah DP4, Penyusunan DP, Coklit, penetapan dan pengumuman DPS, perbaikan DPS, penatapan DPT, pengumuman DPT, ujarnya. (IsOne/Sulis)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Launching FJTangsel 2017, Spirit Smart Dan Modern Jurnalism

Tangsel – Perhelatan Akbar Festival Jurnalistik Tangsel (FTJ) 2017 resmi dilaunching, di Resto Bupe, Serpong, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan