Mudik Lebaran, Dishubkominfo Tangsel Sidak Pool Bus AKAP | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Mudik Lebaran, Dishubkominfo Tangsel Sidak Pool Bus AKAP

Mudik Lebaran, Dishubkominfo Tangsel Sidak Pool Bus AKAP

Iklan Ucapan

PAMULANG – Menjelang lebaran, angkutan kendaraan umum banyak digunakan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Dalam upaya menjaga dan menjamin keselamatan penumpang menuju zero accident, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangerang Selatan bersama dengan Kementerian Perhubungan melakukan uji layak jalan angkutan bus.

Pengecekan itu dilakukan untuk  bus antar kota antar provinsi yang ada di terminal Pondok Cabe dan pool bus Kramat Jati, Pondok Cabe, Pamulang, Tangsel pada Senin, 27 Juni 2016.

Menurut Wijaya Kusuma, Kepala Bidang Angkutan Umum pada Dishubkominfo Tangsel, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut hari lebaran.

“Sebab banyak masyarakat Tangsel yang mayoritas pendatang ini pergi ke kampung halaman. Sehingga kita sebagai pelayan masyarakat harus menjamin keselamatan mereka. Salah satunya dengan melakukan pengecekan secara rutin. Hal ini untuk mencegah adanya kecelakaan akibat kendaraan yang tidak layak jalan,” papar Wijaya.

Dirinya mengatakan bahwa uji kelayakan ini dilakukan di terminal dan di setiap pool bus yang ada di Kota Tangsel. Seluruh kesiapan dicek dan harus sesuai dengan standar.

Terdapat tujuh persyaratan minimum sarana angkutan lebaran yang harus dimiliki oleh setiap bus. Yakni sistem penerangan berfungsi baik, speedometer berfungsi baik, Sistem pengereman berfungsi baik, sabuk pengaman tersedia baik, ban depan bukan vulkanisir dan tidak gundul, wiper kaca berfungsi baik serta kaca depan tidak pecah.

Setelah mengecek bus yang ada di Pool Kramat Jati, ditemukan dua unit bus yang tidak layak jalan. Bus yang pertama ditemukan kaca depan retak serta ban yang tidak memenuhi standar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabag Humas dan Komunikasi Badan Pengelola Transpotasi Jakarta Kemenhub, Binari Sinurat.

Binari mengatakan, bus itu juga menyalahi kartu pengawasan yang seharusnya trayek Pulo Gadung- Pemalang, tetapi bus malah  menaikkan penumpang dari Tangsel.

Sementara bus yang kedua tidak memiliki izin trayek. Sebab, pada awalnya angkutan yang kedua ini adalah bus pariwisata. Perusahaan Otobus tidak memilik izin trayek untuk bus yang kedua. Jadi kedua bus tersebut ditilang.

“Pengelola bus sudah kami tegur untuk segera mengurus surat-surat izin. Serta memperbaiki bus yang tidak layak jalan ini agar bisa dipergunakan untuk mudik tahun 2016 dan tidak membahayakan penumpang,” katanya.

Untuk bus Kramat Djati lainnya tambah Binari akan diperiksa kembali secara bertahap karena bus juga sudah ada yang berangkat. Untuk itu pihaknya minta kepada pengelola agar bisa memperbaiki bus agar layak jalan.

“Kami akan memeriksa kelayakan bus di semua terminal kelas A dan pool bus yang besar dari tanggal 24 juni 2016 sampai dengan 17 juli 2016 karena kami berharap untuk angkutan mudik tahun 2016 ini zero accident,” tambahnya.

Sementara Kepala Operasional Divisi bus malam PO Kramat Djati Dadang Suhaya mengatakan, pool yang berada di jalan M. Toha, Pamulang, Tangerang Selatan terdapat 30 bus. Dengan trayek ke pulau Jawa, Bali dan Sumatera.

“Secepatnya akan kami perbaiki, agar bus bisa digunakan saat mudik lebaran. Nanti juga akan saya sampaikan ke pimpinan tentang adanya temuan ini,” terangnya. (Bpti-ts2)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

XL Axiata Tingkatkan Sosialisasi 4G LTE di Jatim

Tangsel – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas layanan 4G LTE di berbagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan