PAUD Harus Dibarengi Pendidikan Berkarakter | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / PAUD Harus Dibarengi Pendidikan Berkarakter
Iklan Ucapan

PAUD Harus Dibarengi Pendidikan Berkarakter

Serpong Utara – Memperkenalkan budaya tradisional sejak dini dengan mengembangkan kreatifitas anak dan guru, agar potensi yang dimiliki dapat berkembang secara optimal.

Untuk itu Badan Pembina Taman Kanak-Kanak Islam (BPTKI) Provinsi Banten, bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tangerang Selatan, menggelar acara bertema Early Childhood Festival.

Melukis di atas payung tingkat anak Paud, senam kejujuran, karnaval dan dialog interaktif se Propinsi Banten, diselenggarakan pada hari Sabtu (12/11-2016) bertempat di Lapangan Kavaleri, Jalan Raya Serpong, Kota Tangsel.

Dalam sambutannya, Ketua BPPTKI Provinsi Banten, Ita Budiarti, mengatakan sebagai badan otonom, BPPKI sudah berkiprah dalam pendidikan anak yang Islami dalam skala nasional, sudah hampir satu dasawarsa dan skala daerah dengan dua periode kepemimpinan.

“Oleh karena amanah itu, BPPTKI diarahkan tidak sekedar berjalan, namun harus segera berlari dan terus akan meningkatkan kinerja,” katanya.

Untuk itu, tambah Ita Budiarti, BPPTKI siap bekerjasama dengan kalangan eksternal lembaga dalam menyatukan visi misi dan langkah yang benar untuk anak-anak yang sehat, cerdas, kreatif, akhlak mulia dengan menyosong masa depan yang gemilang.

“Acara ini telah disepakati menjadi Agenda Tahunan BPPTKI bersama DMI,” ujar Ita, Sabtu (12/11-2016) di lokasi acara.

Sementara itu, dalam sambutan Wakil Walikota Tangsel, H. Benyamin Davnie, sebelum membuka secara resmi acara ini, mengatakan, bahwa yang pertama-tama menyampaikan ucapan terimakasih, telah terpilihnya Kota Tangsel menjadi Tuan Rumah yang pertama untuk Festival Paud Tingkat Provinsi Banten.

Dan target pemecahan Rekor Muri dengan jumlah terbanyak anak Paud dengan 3 ribu anak ikut dalam lomba melukis diatas payung.

“Untuk sama-sama memajukan Paud dan untuk ajakan pemerintah saat ini adalah pembobotan dalam anak-anak usia dini,” kata Bang Ben.

Menurutnya letak pentingnya anak-anak usia dini ini adalah memberikan pendidikan yang sangat penting bagi mereka, yang secara Perpekstif Paud sebagai Putera Bangsa, tentunya harus dibarengi dengan pendidikan yang berkarakter.

Kota Tangsel menurut Benyamin saat ini tidak kurang ada 400 an jumlah Paud.

“Alhamdulillah, inisiatif umumnya datang dari  masyarakat tentang berdirinya lembaga-lembaga Paud,” ujarnya

Lebih lanjut Bang Bang mengatakan Pemkot Tangsel, berposisi memberikan motivasi, dan bantuan- bantuan bagi penyelenggaraan Paud.

“Sadar tidak sadar, kendati ini pendidikan tingkat informal, tetapi secara struktur organisasi, sudah diatur sedemikian rupa oleh Tingkat daerah atau tingkat kota, yakni oleh Kepala Seksie (Kasie) yang menangani Paud sampai tingkat Perguruan Tinggi,” ungkapnya.

Sinergi ini harus kita tanggapi dengan baik. Tangsel sebagai Kota otonom yang dibentuk UU No 5 Tahun 2008, luas wilayah kami 1470 Km, jumlah penduduknya 1,4 juta, laju pertambahan penduduk sebesar 3,4%. Struktur dari jumlah penduduk Tangsel itu, hampir 15% jumlah Paud.

Tidak salah kalau Ibu Airin Rachmi Diany selaku Wali Kota, telah mempuyai program dalam Sumber daya manusia di Tangsel, bahwa Paud-Paud ini diberikan bobot yang memang cukup memadai, dengan spesifikasi, lagi memberikan tekanan pembangunan berkarakter bagi masyarakat Kota Tangsel,” ungkapnya lebih lanjut.

Bang Ben juga menambahkan, mudah-mudahan anak-anak kita yang sekarang tergabung di sebuah kelompok Paud, akan mendapatkan pencerahan yang terbaik.

Mudah-mudahan akan memacu terus penyelenggaran Paud di kota-kota lain Provinsi Banten, dan Kota Tangsel pada khususnya.

Terimakasih kepada penyelenggara dan para orangtua yang bisa menghadirkan anak-anak disamping bersosialisasi, dapat mengedukasikan acara ini, pungkasnya.(*)

Penulis : IsOne/Sugeng

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Gebyar HUT RI Ke 72 Di Gelar Kecamatan Setu

Setu – Gebyar Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-72 di gelar secara meriah dengan mudik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan