Pekan Imunisasi Nasional (PIN),Ayo Ajak Anak ke Posyandu Terdekat | BIDIK Tangsel
Iklan Ucapan
Home / Kesehatan / Pekan Imunisasi Nasional (PIN),
Ayo Ajak Anak ke Posyandu Terdekat
Iklan Ucapan
Pekan Imunisasi Nasional (PIN)

Pekan Imunisasi Nasional (PIN),
Ayo Ajak Anak ke Posyandu Terdekat

Pondok Aren – Untuk masyarakat Kota Tangsel yang mempunyai anak usia 0-59 bulan, pada 8-15 Maret 2016, bisa langsung membawa mendatangi Pos PIN Polio yang terletak di Posyandu, Polindes, Poskesdes, Puskesmas, Pustu, Klinik Swasta, Rumah Sakit dan tempat-tempat umum seperti terminal, pelabuhan dan bandara untuk mendapatkan imunisasi polio GRATIS, dilaksanakan serentak di 34 Provinsi di Indonesia.

Di Kota Tangerang selatan, jumlah Pos PIN yang disediakan sebanyak 648 pos dengan puluhan ribu kader yang terlibat. Sasaran PIN Polio tahun ini usia 0 s.d 59 bulan adalah 144.067 jiwa.

Polio merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus poliomyelitis yang menyebabkan kelumpuhan pada otot terutama otot tungkai bawah dan tidak bisa disembuhkan, selain itu dapat juga menyerang otot lain seperti otot pernafasan sehingga dapat menyebabkan kematian, terutama pada anak-anak, ditularkan dari orang ke orang, dan menyebar melalui  kontak dengan makanan, air atau tangan yang terkontaminasi dengan kotoran (tinja) atau sekresi tenggorokan dari orang yang terinfeksi.

Gejala awalnya antara lain demam, kelelahan, sakit kepala, muntah, kekakuan pada leher dan nyeri tungkai. Dalam sebagian kecil kasus bisa mengalami kelumpuhan. Tidak ada obat untuk mengobati polio, akan tetapi dengan kebersihan pribadi yang baik dan sanitasi publik yang baik dapat membantu mencegah penularan penyakit polio, disamping itu langkah terbaik pencegahan polio adalah dengan vaksinasi atau imunisasi polio. Idealnya imunisasi Polio diberikan 4 kali pada umur 1, 2, 3 dan 4 bulan, dan dapat diulang (booster) pada usia 18-24 bulan  serta usia 5 tahun.

Tujuan PIN Polio sendiri adalah untuk  dapat menghilangkan/eradikasi Polio di dunia pada tahun 2020 dengan memastikan tingkat imunitas terhadap Polio di populasi dengan cakupan > 95% dan memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada kelompok umur 0 s.d 59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus Polio yang disebabkan oleh virus Polio sabin, sehingga diharapkan semua sasaran mendatangi Pos PIN tanpa memandang apakah sudah pernah di vaksin polio ataupun belum divaksin.

Pemberian imunisasi Polio ini dengan cara di tetes, tiap balita mendapatkan 2 tetes vaksin Polio. Tidak ada efek samping dari pemberian vaksin ini, akan tetapi ada beberapa kondisi dimana balita harus ditunda pemberian vaksin Polionya seperti sakit diare atau muntah, ataupun kondisi balita yang tidak boleh diberikan vaksin seperti memiliki penyakit gangguan sistem kekebalan tubuh contohnya HIV AIDS.

Untuk Kota Tangsel direncanakan pencanangan dilakukan esok hari pada tanggal 8 Maret 2016 jam 08.WIB di Tandon Ciater, Kecamatan Serpong yang rencananya akan dihadiri oleh Walikota Hj. Airin Rachmi Diany.

Demi terwujudnya generasi Kota Tangsel yang sehat, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Suharno menyampaikan harapan beliau agar seluruh balita usia 0 s.d 59 bulan yang ada di Kota Tangsel mendapatkan vaksin Polio untuk mencapai eradikasi Polio (bebas Polio) pada akhir tahun 2020.(*)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

IJTI Korwil Tangsel Dan Polres Tangsel Buka Bersama

Pondok Aren – Ikatan Jurmalist Televisi Imdonesia (IJTI) Korwil. Tangerang Selatan (Tangsel) dan Polres Tangsel, …

2 comments

  1. Informasi yang sangat bagus,
    kami harap semua masyarakat bisa ikut menyukseskan PIN Polio tahun ini.
    sukses dan salam sehat

  2. Bagaimana bagi mereka yang tertinggal ikut pin ini? apakah ada susulan nya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *