Pemalsu Air Mineral Dibongkar Polres Tangsel | BIDIK Tangsel
Home / Hukum / Pemalsu Air Mineral Dibongkar Polres Tangsel
Iklan Ucapan

Pemalsu Air Mineral Dibongkar Polres Tangsel


Pondok Aren – Memperdagangkan barang yang tidak sesuai dengan mutu dan proses pengolahannya,  pelaku dapat dikenakan pasal 62 ayat 1 Jo Pasal 8 ayat 1 UU RI No.  8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman pidana paling lama 5 (lima)  tahun penjara dengan denda paling banyak 2 Millyar rupiah.

Kejadian tersebut dialami oleh 4 (empat) tersangka yang di release oleh Polres Kota Tangsel pada hari Jumat (2/9-2016) di lt. 3 Gedung Polres Kota Tangsel.

Para tersangka tersebut TN (42) warga Pamulang, SL (16) warga Ciseeng, SU (31), warga Tegal dan RN (16) warga pamulang, diduga terbukti memperdagangkan barang yang tidak sesuai dengan mutu dan proses pengolahannya berupa air mineral palsu yang berisi air tanah.

“Kronologis kejadian berawal dari laporan masyarakat bahwa ada sebuah toko air isi ulang yang berlokasi di Jalan Lele I Bambu Apus Kec. Pamulang Kota Tangsel menjual air mineral palsu,” kata AKBP. Ayi Supardan, Kapolres Tangsel.

Setelah mendapat informasi tersebut, pihaknya melakukan penyelidikan ke lokasi dan mendapati puluhan galon ukuran 19 liter yang sudah terisi air tanah serta disegel dengan merk dan siap di perdagangkan kepada konsumen yang sudah menjadi pelanggannya.

Pelaku TN merupakan pemilik toko air isi ulang tersebut dan memperkerjakan SL dan SU sebagai karyawan yang bertugas sebagai pengisi air isi ulang dengan cara galon bekas merk asli dicuci dengan menggunakan sabun colek dan disikat menggunakan mesin sikat galon, serta dibilas menggunakan air isi ulang.

Setelah bersih di isi menggunakan air isi ulang yang berasal dari tanah yang disaring dengan menggunakan mesin air isi ulang UV, kemudian dialirkan menggunakan paralon ke kran dan disalurkan melalui slang ke galon air mineral tersebut.

Sebagai penutup galon air digunakan segel asli merk tersebut dengan terlebih dahulu direbus agar dapat masuk ke mulut galon.

Sementara itu, tersangka RN merupakan karyawan TN sebagai pengantar atau pendistribusian air galon ukuran 19 liter yang berisi air tanah dengan memakai merk asli air mineral kepada konsumen.

“Tujuan pelaku sebenarnya untuk mendapat dan memperoleh keuntungan yang lebih besar,” ujar AKBP Ayi.

Kepada para pelaku dikini terancam pidana 5 (lima) tahun dan dikenakan pasal 62  ayat 1 Jo pasal 8 ayat 1 UU RI No. 8 Tahun 1999 dengan denda paling banyak 2 Milyar rupiah, (IsOne).

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Kembali Warga RW 05 Paku Jaya Protes Proyek TOL Serpong

Serpong Utara – Warga RW 05 Kelurahan Pakujaya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan