Penanggulangan Kedaruratan Nuklir di BATAN | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Penanggulangan Kedaruratan Nuklir di BATAN
Iklan Ucapan

Penanggulangan Kedaruratan Nuklir di BATAN

Setu – Simulasi di mulai pukul 9.20 WIB, telah terjadi ledakan di area Reaktor Serba Guna BATAN, Tim evakuasi dari DAMKAR Puspiptek meluncurkan 2 unit kendaraan pemadam kebakaran untuk memadamkan api yang berkobar di area gedung tersebut.

Semua karyawan selanjutnya di evakuasi menuju tempat aman sedangkan korban yang luka luka di bawa menuju Balai Kesehatan yang ada di wilayah Puspiptek Kota Tangsel.

Jam 09:45 WIB api berhasil di padamkan, Simulasi evakuasi dimulai semua karyawan yang masih bertahan di area gedung yang berada di wilayah BATAN selanjutnya di evakuasi menggunakan 12 unit bis milik BATAN, menuju Gedung Olah Raga (GOR) Puspiptek.

Selanjutnya tim Deteksi yang berjumlah 10 orang berseragam putih putih melakukan penditeksian area BATAN apakah masih ada bahan peledak yang tertinggal di area Reaktor tersebut menggunakan alat Deteksi LUDLUM.

Acara simulasi Kegiatan Gladi Lapang Nasional Penanggulangan Kedaruratan Nuklir yang dimulai pukul 09.20 WIB. Rabu (9/11-2016) di Pusat Reaktor Serba Guna Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) di Kawasan Puspiptek Kelurahan Muncul Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan.

img-20161109-wa0051

Acara yang dihadiri sekitar 1500 orang untuk latihan evakuasi. Para peserta yang hadir berasal dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Zeni Nuklir Biologi dan Kimia (NUBIKA) TNI AD, Gegana Polri, Pusat Laboratorium Porensik Bareskrim Polri, Kementrian Kesehatan (Kemenkes), Kementrian Pertanian (Kementan), Kementrian Perhubungan (Kemenhub), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Puspiptek, RS.Fatmawati, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangerang Selatan, Polisi Resor (Polres) Tangerang Selatan, Polisi Sektor Cisauk dan Kendaraan Evakuasi dari BPP dan BPPT.

Instansi yang bertindak sebagai Observer antara lain International Atomic Energy Agency (IAEA). Badan Tenaga Atom Internasional, Badan Koordinasi Keamanan Laut (BAKAMLA), Bjarke Ingels Group (BIG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan Pasukan Pengamanan Presiden (PASPAMPRES).

Sebelumnya, saat latihan Penanggulangan Kedaruratan Nuklir berlangsung pihak kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas sepanjang Jalan Raya Puspiptek dengan tujuan untuk memobilisasi petugas yang sedang melakukan latihan Penanggulangan Kedaruratan Nuklir.

Bentuk rekayasa yang akan dilakukan adalah buka tutup sementara, pemberlakuan prioritas dan sebagainya.

Para pengguna jalan di himbau menghindari Jalan Raya Puspiptek Serpong selama jam tersebut karena dipastikan akan terjadi kemacetan yang cukup panjang. (*)

Penulis : IsOne/Sulis

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Kembali Warga RW 05 Paku Jaya Protes Proyek TOL Serpong

Serpong Utara – Warga RW 05 Kelurahan Pakujaya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan