Perempuan Perokok Punyai Resiko PJK 9 Kali Lipat | BIDIK Tangsel
Iklan Ucapan
Home / Kesehatan / Perempuan Perokok Punyai Resiko PJK 9 Kali Lipat

Perempuan Perokok Punyai Resiko PJK 9 Kali Lipat

Iklan Ucapan

Pondok Aren – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Parigi dalam Sosialisasi Kesehatan yang diadakan di Aula PGRI Kec. Pondok Aren untuk 2 (dua) Kelurahan (Parigi Lama dan Parigi Baru) pada hari Sabtu (14/5-2016) tentang Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Kepala Bidang Kesehatan Keluarga Dinkes Tangsel, dr. Hj. Endang Wahyuningsih menjelaskan perempuan dengan diabetes millitus atau kencing manis memiliki risiko 2 kali lipat untuk menderita PJK, dan mempunyai komplikasi yang lebih berat dibandingkan pria.

Perempuan yang merokok mempunyai risiko PJK 6-9 kali lipat, sedangkan pada pria adalah 4-6 kali lipat Perempuan yang obesitas atau kegemukan riwayat keluarga Penurunan dan berhentinya produksi hormon estrogen, namun terapi sulih hormon pada perempuan menopause juga menimbulkan risiko PJK

Langkah awal adalah dengan melakukan deteksi dini seperti mengukur tekanan darah, mengetahui kadar gula darah dan kolesterol, serta mulai melakukan hidup sehat.

Hidup sehat dapat dimulai dengan melakukan olah raga teratur yakni minimal 30 menit sebanyak 4 kali seminggu seperti jalan cepat atau jogging, berhenti merokok serta menjaga tekanan darah di bawah 120/80 mmHg, kadar kolesterol total kurang dari 175 mg/dL, kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dL dan kadar gula darah puasa kurang dari 100 mg/dL.

Terkait, pada bulan Ramadhan nanti, Kepala Puskesmas (Kapus) Parigi, Erni S.st menjelaskan kepada warga yang hadir siang itu bahwa Puskesmas Parigi di bulan Ramadhan nanti akan menyiapkan dokter jaga 5 orang.

Lebih lanjut Kapus Parigi mengatakan, bila ada anak balita yang sakit atau membutuhkan pertolongan agar para orang tua memberikaa pertolongan pertama lebih dulu kepada anaknya sebelum dibawa ke Puskesmas.

“Terutama ya bu, bila anaknya sakit berikan dulu pertolongan pertama,” jelas Kapus. Parigi dan terlebih lagi untuk peserta JKN agar iuran BPJS diperhatikan pembayarannya terutama kelas 1 dan kelas 2., ujarnya menambahkan.

Di Ingatkan kembali oleh Kepala Puskesmas Parigi untuk Sosialisasi berikutnya agar mengajak para suami dan anak remajanya agar ada pemeritaan pendidikan kesehatan, pungkasnya. (IsOne/Sugeng)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

IJTI Korwil Tangsel Dan Polres Tangsel Buka Bersama

Pondok Aren – Ikatan Jurmalist Televisi Imdonesia (IJTI) Korwil. Tangerang Selatan (Tangsel) dan Polres Tangsel, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *