Perwakilan Pemprov NTT Jakarta, Kunjungi PT CKM Terkait Dugaan Penyekapan | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Perwakilan Pemprov NTT Jakarta, Kunjungi PT CKM Terkait Dugaan Penyekapan
Iklan Ucapan

Perwakilan Pemprov NTT Jakarta, Kunjungi PT CKM Terkait Dugaan Penyekapan

Pondok Aren – Kepolisian yang melakukan penggerebekan beberapa hari lalu terhadap kantor dan penampungan PT. Citra Kartini Mandiri, perusahaan yang bergerak sebagai pelatihan dan penempatan tenaga kerja dalam negeri (penyalur pembantu rumah tangga dan baby sitter).

Perusahaan yang memiliki ijin usaha atas nama Yayasan Citra Kartini di Jalan Kucica XVI No.17, Sektor 9, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, diduga menyalahi prosedural.

Penggerebekan itu terkait adanya laporan salah satu calon  tenaga kerja PRT asal Nusa Tenggara Timur (NTT) bernama Dominggas (34) yang mengaku dirinya disekap perusahaan tersebut.

Menurut pihak perusahaan penyalur tersebut, puluhan personil kepolisian yang terdiri dari Unit Jatanras Polda metro Jaya dituding melanggar prosedur penindakan, lantaran mendatangi PT. CKM serta membawa Dominggas tanpa ada surat tugas resmi (Sprindik).

“Tanpa menunjukkan surat tugas, polisi yang berpakaian preman itu langsung masuk dan menggeledah semua lantai, lalu berniat membawa semua calon pekerja dan staf ke kantor polisi,” kata Ardy, selaku Direktur PT. CKM dikantornya, Selasa (11/10/2016).

Seharusnya, sambung Ardy,  petugas harus mengkonfirmasi lebih dulu pada perusahaan mengenai informasi tersebut.

Karena faktanya, tak ada penyekapan itu, yang ada hanyalah keinginan Dominggas yang sudah tidak betah tinggal didalam asrama, dan berniat pulang ke kampungnya.

“Total ada 20 calon PRT yang tinggal di asrama lantai dua, mereka baik-baik saja. Saat penggerebekan, sudah ditanyakan satu persatu kepada calon PRT itu oleh petugas, dan jawabannya memang tak ada penyekapan,” ujarnya.

Menanggapi kejadian tersebut, pihak PT CKM sendiri pada  Selasa siang (11/10/2 016) telah melaporkan tindakan yang diduga tidak prosedural yang dilakukan oleh personil kepolisian saat penggerebekan itu ke Divisi Profesi dan Pengamanan (Div. Propam) Mabes Polri.

“Saya malam itu turut diintimidasi, memangnya salah kami apa. Oleh karenanya, kuasa hukum kami telah melaporkan kejadian ini ke Div. Propam Polri,” tandasnya.

img-20161012-wa0044

Saat pantauan dilokasi, tampak sejumlah perwakilan dari Pemprov NTT perwakilan di Jakarta melakukan kunjungan ke asrama PT. CKM dilantai dua pada Selasa siang (11/10).

Mereka menemui beberapa calon PRT asal NTT sambil menanyakan kebenaran isu adanya penyekapan tersebut.

“Ternyata tidak benar isu penyekapan itu, mereka semua baik-baik saja. Komunikasi melalui handphone juga bebas, tak ada yang dilarang,” ujar Roby, perwakilan Pemprov NTT.

Dominggas sendiri telah dipulangkan kepada pihak keluarga. Dari pengakuannya, dia merasa tak betah dan ingin kembali ke NTT, namun karena belum memiliki tiket pesawat, akhirnya perempuan yang baru 8 hari tinggal di mess PT CKM itu menghubungi keluarganya dengan mengaku-ngaku disekap. (*)

Penulis : Sugeng Prayoga

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Perank Klaim Cimeng Paling Diminati Pelajar

Pondok Aren – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perank (Perkumpulan Anti Narkoba) KotaPerank Klaim Cimeng Paling …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan