Rakor Pengamanan Jelang Idul Adha 1437 | BIDIK Tangsel
Home / Hukum / Rakor Pengamanan Jelang Idul Adha 1437
Iklan Ucapan

Rakor Pengamanan Jelang Idul Adha 1437

Serpong – Diperkirakan sekitar 10 sampai 20 % warga Tangerang Selatan (Tangsel) akan melaksanakan mudik lebaran. “Untuk itu agar pengelola lingkungan setempat melaksanakan siskamlim terutama di perumahan dan Personil Kepolisian diintruksikan untuk melaksanakan giat patroli antisipasi pencurian terhadap rumah kosong.” 

Hal ini dikatakan Kapolres Kota Tangsel, AKBP. Ayi Supardan di RM Bukit Pelayangan, Jl Raya Cilenggang I, Kel.Cilenggang, Kec. Serpong, saat memimpin jalannya Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan Hari Raya Idul Adha 1437 H, Kamis (8/9/2016).  

AKBP Ayi Supardan juga menambahkan dalam penyampaiannya bahwa, Polres Tangsel dalam pengamanan Idul Adha 1437 ini menyiagakan 2/3 kekuatan atau sekitar 700 personil, namun untuk surat perintah yang dikeluarkan ada 196 personil pengamanan khusus Idul Adha.

Masing-masing personil baik dari Kepolisian, TNI dan juga Satpol PP untuk mengantisipasi di kecamatan terutama masjid-masjid besar untuk pengamanan mulai Malam Takbiran, Sholat Idul Adha dan juga saat pembagian daging qurban.

Selain itu Polisi juga menitik beratkan pengamanan dikelompok-kelompok tertentu (Ahmadiyah) untuk menghindari provokasi sehingga adanya konflik dimasyarakat. Polres akan menempatkan personil pengamanan tertutup dilokasi yang dianggap rawan.

Kegiatan ini juga dihadiri sekira 50 orang, tampak hadir pula,  Kompol Hadi Supriatna (Kabag Ops Polres Tangsel), AKP.  Prayoga Angga (Kasat Lantas Polres Tangsel), AKP. Samian (Kasat Reskrim Polres Tangsel), AKP. Gun Gun Gunadi (Kasat Intelkam Polres Tangsel), Deddy Mulyadi (Kabid Lalulintas Dishubkominfo Tangsel), M Taufik (Kasie  Operasional Satpol PP Tangsel), dr. Tonny (Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Tangsel), dan para Kapolsek serta Perwakilan Koramil se-Tangsel.

Dalam sambutannya, M Taufik (Kasie  Operasional Satpol PP Tangsel), mengatakan antara lain, ‎Sat Pol PP Kota Tangsel menyiapkan personil sebanyak 100 orang untuk melakukan pengamanan jelang hari Raya Idul Adha pengamanan dipusatkan saat malam takbiran dan Sholat Idul Adha serta pembagian daging qurban. “Satpol PP akan membantu pihak Polres Tangsel dan akan menyesuaikan dengan rencana pengamanan Polres,” ungkap Taufik. 

“Dalam waktu dekat Sat Pol PP Kota Tangsel akan meminta bantuan personil Polri untuk melakukan penertiban warung remang-remang diwilayah Pondok Aren Kota Tangsel,” imbuhnya.

Begitu pula dr. Toni (Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Tangsel), mengatakan antara lain, Dinkes Tangsel dalam Hari Raya Idul Adha 1437 H menyiagakan 26 puskesmas dan ada  22 dokter 44 paramedis. Setiap puskesmas petugas bersiaga selama 24 jam. Dinkes juga membuka layanan darurat melalui telp 119. 

“Perlu diantisipasi juga pasca Idul Adha meningkatnya beberapa penyakit seperti Darah tinggi, stroke maupun jantung akibat berlebihan mengkonsumsi daging sapi maupun kambing, untuk itu Dinkes Tangsel akan menambah kesiapsiagaan personil dilapangan,” tutur dr. Tony.

Begitu pula Deddy Mulyadi (Kabid Lalulintas Dishubkominfo Tangsel), mengatakan antara lain, “Dishubkominfo Tangsel menyiagakan anggota sekitar 150 personil dan ditempatkan dilokasi rawan macet seperti di masjid-masjid maupun ditempat-tempat rekreasi mengingat Idul Adha bertepatan dengan libur panjang”. Mobil derek Dishub yang berukuran besar maupun kecil juga siap dioperasikan jika dibutuhkan dalam penanganan kecelakaan.

Tidak ketinggalan pula, AKP. Prayoga Angga (Kasat Lantas Polres Tangsel), mengatakan antara lain, untuk mengantisipasi kemacetan Polres Tangsel menerjunkan 100 personil Polisi Lalulintas yang berjaga mulai dari Tol Bitung dan juga Tol Jorr BSD. 

Polantas Polres Tangsel juga akan mengambil kebijakan jika dalam kondisi kemacetan parah dijalan tol, yaitu dengan mengeluarkan arus lalulintas dijalan tol dan diarahkan ke jalan arteri/jalan biasa. 

“Truk juga sesuai kebijakan Kemenhub tidak diperbolehkan masuk ke jalan tol mulai 9 September 2016,” tukas Prayoga. (Isone/Sugeng)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Disdukcapil Tangsel Gelar Operasi Kependudukan Di Pondok Aren

Pondok Aren – Kegiatan Operasi Yustisi dan Bina Kependudukan Tahun 2017 dilaksanakan oleh Disdukcapil Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan