Satpol PP Kota Tangsel Wujudkan Polisi Pamong Praja Yang Humanis | BIDIK Tangsel
Home / Advertorial / Satpol PP Kota Tangsel Wujudkan Polisi Pamong Praja Yang Humanis

Satpol PP Kota Tangsel Wujudkan Polisi Pamong Praja Yang Humanis

Iklan Ucapan

Serpong – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan memperingati HUT ke ke 66 dan Satlinmas ke 54 yang berlangsung di Lapangan Cilenggang, Serpong Kota tangsel pada hari Senin (18/4-2016)

Kepala Satpol PP Kota Tangsel, Azhar Syam’un mengatakan dengan Semangat HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-66 dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat ke-54, Kita Wujudkan Polisi Pamong Praja dan Linmas yang Humanis, Berdedikasi, Disiplin dan Tegas

“Hari ini kita memperingati hari Satpol PP ke 66 dan HUT Satlinmas ke 54, sebagaimana amanat dari Menteri Dalam Negeri, bahwa Satpol PP diminta untuk lebih Profesional, lebih mengedepankan humanis, persuasive dan lebih banyak kepada upaya-upaya yang nantinya lebih banyak kepada pembinaan kepada masyarakat,” kata Azhar.

Sehingga Satpol PP dalam hal ini untuk menegakkan perda, menciptakan keamanan dan ketertiban lebih pendekatan secara humanis tidak lagi pendekatan secara prepensif atau pemaksaan.

“Kita membutuhkan stamina yang bagus baik fisik maupun mental. Dalam melaksanakan tugas, resiko di lapangan juga tinggi. Hal ini karena masyarakat masih banyak yang beranggapan bahwa Satpol PP arogan,” tutur Azhar.

Namun hal tersebut tak menyurutkan langkah Satpol PP dalam melaksanakan tugas. Selama tahun 2016 ini saja, Satpol PP kerap melakukan razia di beberapa tempat demi menjaga ketertiban masyarakat.

(Baca Juga : Walikota Tangsel Bacakan Sambutan Mendagri Dalam HUT Satpol PP )

Selain itu, menurut Azhar, dalam melaksanakan ketertiban, anggotanya selalu mengedepankan metode persuasif dan tidak melakukan penyitaan barang.

Dalam melaksanakan tugasnya, partisipasi masyarakat juga tak kalah pentingnya. Sebagian besar operasi penertiban yang dilakukan Satpol PP merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat.

“Kami juga melakukan pengawasan, namun hanya di fasilitas-fasilitas umum. Untuk tempat-tempat lain yang tidak bisa kami jangkau, masyarakatlah yang melaporkan,” ujar Azhar.

Selain partisipasi masyarakat, kerjasama antara Satpol PP dengan instansi lain seperti kepolisian, TNI, Kodim maupun Zipur juga menjadi salah satu faktor penting demi mewujudkan ketertiban masyarakat.

“Koordinasi yang kami lakukan selama ini bagus, tak ada kendala. Hal ini karena kami juga saling membutuhkan. Bahkan untuk efektifitas waktu, terkadang kami berkoordinasi melalui telepon, bukan melalui surat lagi,” lanjut Azhar.

Selain menggelar upacara di lapangan Cilenggang, Serpong Kota tangsel, Satpol PP Kota Tangsel juga melakukan aksi demontrasi sebagai simulasi yang dipertunjukan oleh Satpol PP Kota Tangsel untuk memeriahkan Dirgahayu ke-66 Satpol PP dan ke-54 Satlinmas. (IsOne/Sugeng/Dede)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Honor Nunggak, BPSK Tangsel Tetap Lakukan Sidang

Serpong – Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dibentuk berdasarkan UU No. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan