SD Negeri Pondok Kacang Barat 03, Siap Menyongsong Adiwiyata Tingkat Nasional | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / SD Negeri Pondok Kacang Barat 03,
Siap Menyongsong Adiwiyata Tingkat Nasional
Iklan Ucapan

SD Negeri Pondok Kacang Barat 03,
Siap Menyongsong Adiwiyata Tingkat Nasional

Pondok Aren – Adiwiyata merupakan sebuah program Pemerintah Pusat Republik Indonesia yang berada di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dengan sasaran terhadap sekolah-sekolah yang peduli akan lingkungan sekitarnya, dan tujuan program Adiwiyata itu sendiri untuk menciptakan kondisi sekolah yang lebih baik untuk dijadikan tempat belajar mengajar.

Menurut informasi yang dihimpun oleh awak media, penilaian Adiwiyata dari Provinsi Banten, rencananya akan dimulai tanggal 17 Oktober 2016 dan team dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) RI akan turun di Provinsi Banten, karena program ini diselenggarakan oleh KLH RI bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Dari beberapa sekolah negeri yang ada di wilayah Tangerang Selatan, yang mewakili dalam program Adiwiyata Nasional itu hanya SDN Pondok Kacang Barat 03 karena sekolah tersebut telah lolos dari beberapa verifikasi penilaian. Setelah lolos dari beberapa verifikasi, SDN Pondok Kacang Barat 03 saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Adiwiyata nasional, dengan meningkatkan kebersihan serta keasrian lingkungan sekolah.

Adapun efek positif dari penghargaan Adiwiyata Nasional tersebut, siswa-siswi SDN Pondok Kacang Barat 03 kini lebih peduli dan antusias lagi secara bersama-sama menjaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah sembarangan di sekitar lingkungan sekolah supaya tetap terjaga kebersihannya.

Narsum, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN Pondok Kacang Barat 03, ketika diwawancarai oleh awak media di ruangan kerjanya pada Selasa (11/10-2016) kemarin, mengatakan bahwa Adiwiyata Nasional bisa mempengaruhi tingkat kesadaran anak siswa – siswi SDN Pondok Kacang Barat 03 ini akan pentingnya lingkungan yang bersih.

“Untuk saat ini, kita sedang menyiapkan segala sesuatu yang sudah menjadi syarat ketentuan untuk ke tingkat nasional. Kami sedang berusaha memberikan yang terbaik untuk sekolah kita, dan salah satunya dengan cara menumbuhkan kesadaran kepada setiap siswa-siswi tentang pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat ,” katanya kepada media.

Irma selaku Kepala Bidang Info Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangsel, dalam wawancaranya kepada media via pesan telepon selularnya, mengatakan, “Kami mengucapkan terimakasih atas komitmen Kepala Sekolah SDN Pondok Kacang Barat 03 beserta seluruh warga sekolah dan komite dalam melaksanakan program Adiwiyata untuk mewujudkan warga sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Sebagai satu-satunya Sekolah Dasar Negeri di Kota Tangerang Selatan yang telah meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi dan saat ini sedang mempersiapkan diri untuk di nilai ke tingkat nasional, kami ucapkan selamat dan semoga dapat menjadi contoh serta motivasi kepada Sekolah-Sekolah Dasar Negeri lainnya dalam pelaksanaan program Adiwiyata,” ungkapnya.

Sementara H. Mathoda selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel ketika dihubungi melalui telephone, menjelaskan, “kita sama-sama bersyukur bahwa SDN Pondok Kacang Barat 03 bisa terpilih untuk mewakili sekolah – sekolah yang ada di Kota Tangerang Selatan dalam penganugrahan Adiwiyata tingkat nasional dari Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia,” terang Mathoda.

H. Mathoda juga berharap bahwa penghargaan Adiwiyata Nasional yang diterima oleh SDN Pondok Kacang Barat 03 tersebut bisa menjadi contoh untuk sekolah-sekolah lainnya yang ada di Kota Tangerang Selatan karena lingkungan yang bersih dan sehat disekitar lingkungan sekolah itu juga bisa meningkatkan proses belajar mengajar di sekolah-sekolah agar bisa lebih baik lagi untuk mencetak generasi penerus bangsa yang pintar dan cerdas. (Adv)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Tersangka Narkoba Ditangkap Di Kebon Jeruk

Tangsel – SatresNarkoba Polres Tangsel telah berhasil menangkap satu tersangka pengedar Narkotika jenis sabu berinisial …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan