Sosialisasi JKN tentang Penyakit Jantung Koroner di Puskesmas Parigi | BIDIK Tangsel
Home / Kesehatan / Sosialisasi JKN tentang Penyakit Jantung Koroner di Puskesmas Parigi

Sosialisasi JKN tentang Penyakit Jantung Koroner di Puskesmas Parigi

Iklan Ucapan

Pondok Aren – Bahwa manfaat dari JKN mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitif termasuk pelayanan obat dan bahan medis habis pakai dengan kebutuhan medis.

Dinkes kota Tangsel melalui UPT. Puskesmas Parigi Kecamatan Pondok Aren pada hari Sabtu (14/5-2016) menggelar acara Sosialisasi JKN tentang Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Penyuluhan yang diberikan kepada para ibu-ibu warga Kelurahan Parigi lama dan Parigi Baru, bertempat di Aula PGRI ini menghadirkan Kepala Bidang Kesehatan Keluarga Dinkes Tangsel, dr. Hj. Endang Wahyuningsih dan Kepala Upt. Puskesmas Parigi, Erni S.st. sebagai narasumber.

PJK pada perempuan memiliki risiko penyebab kematian yang lebih besar dibandingkan terhadap pria. PJK pada perempuan umumnya ditemukan pada usia yang lebih tua dibandingkan dengan pria.

Hal itu disebabkan oleh terjadi penurunan hormon esterogen yang selama ini berfungsi melindungi pembuluh darah dari kerusakan saat pasca menopause, sehingga resiko penyakit jantung pada perempuan meningkat dua kali lipat.

Penurunan hormon estrogen ini juga menambah kadar lemak dalam darah sehingga menimbulkan penebalan pembuluh darah yang dapat menyebabkan PJK. Perempuan  dengan PJK biasanya mengalami komplikasi yang lebih serius, karena lebih sering ditemukan adanya penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi dan gangguan ginjal.

Penyumbatan pada pembuluh darah kecil atau mikrovaskular lebih banyak terjadi pada perempuan. Penyumbatan yang seperti ini lebih sulit dideteksi dengan pemeriksaan standar yang ada pada saat ini.

Kurangnya pengetahuan kaum perempuan akan bahaya penyakit jantung, umumnya membuat mereka tidak menyadari gejala penyakit tersebut, sehingga menyebabkan keterlambatan dalam mendiagnosa.

Gejala penyakit jantung yang timbul pada perempuan berbeda dari gejala yang timbul pada pria. Pada wanita, gejala yang timbul antara lain nyeri ulu hati, nyeri pada punggung atau leher, sesak napas, cepat capai serta gangguan irama jantung.

Gejala-gejala inilah yang tidak disadari oleh kebanyakan perempuan sehingga seringkali menyebabkan keterlambatan dalam mencari pertolongan pada saat terjadi serangan jantung. (IsOne/Sugeng)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Kembali Warga RW 05 Paku Jaya Protes Proyek TOL Serpong

Serpong Utara – Warga RW 05 Kelurahan Pakujaya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan