UPT Metrologi Legal Kota Tangsel, Lakukan Pengecekan Tera SPBU Secara Berkala | BIDIK Tangsel
Festival Jurnalistik Tangsel 2017
Home / News Tangsel / UPT Metrologi Legal Kota Tangsel,
Lakukan Pengecekan Tera SPBU Secara Berkala

UPT Metrologi Legal Kota Tangsel,
Lakukan Pengecekan Tera SPBU Secara Berkala

Serpong – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel melalui UPT Metrologi Legal telah berlangsung Uji Tera pompa bahan bakar pada hari Rabu (8/6-2016) di SPBU No 34-15318 Jalan Letnan Soetopo Kel. Lengkong Wetan Kec. Serpong Kota Tangsel

Uji Tera pompa bahan bakar yang dilakukan oleh Disperindag Kota Tangsel UPT Metrologi Legal yang dipimpin oleh Kepala UPT Metrologi Legal, Khusnan. Tampak Dinas Metrologi Provinsi Banten, Heriyanto dan Pengawas SPBU, Eko Kristanto.

Dalam pelaksanaan uji tera pompa bahan bakar dilakukan pengecekan tahap berkala yang dilakukan tiap tahun oleh UPT Metrologi Legal Kota Tangsel.

“Pengecekan Uji Tera dilaksanakan dalam rangka pengecekan tahap berkala yang dilakukan tiap setahun sekali oleh UPT Metrologi Legal,” kata Khusnan.

Apabila ukuran pompa bahan bakar tidak sesuai maka bisa mer‎ugikan konsumen jika bahan bakarnya kurang dan bisa juga merugikan pihak SPBU jika ukuran bahan bakarnya lebih.

Sebelumnya pihak Polda Metro Jaya pada Senin (6/6-2016) yang lalu melakukan pemeriksaan terhadap SPBU 34-12305 Rempoa, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, yang mengurangi takarannya. Namun SPBU tersebut diluar wewenang UPT Metrologi Legal Tangsel karena SPBU masuk diwilayah Jakarta Selatan.

Dari hasil pengecekan tersebut di SPBU ‎34-15318 ini, ukuran tera nya mengalami kelebihan 100 ml per 20 liter, sehingga pihak SPBU mengalami kerugian dan konsumen sedikit diuntungkan.

“Untuk itu UPT Metrologi melakukan setting ulang agar sesuai ukuran sebenarnya di pompa bensin tersebut,” ujarnya lagi.

Total SPBU di Kota Tangsel ada sekitar 60 tempat, dan rutin dilakukan uji tera setiap satu tahun sekali dan bisa juga kurang dari satu tahun jika diminta oleh pihak SPBU. (Usdo)

Hubungi Kami Melalui WA

About Redaksi

Check Also

Warna Warni Budaya Indonesia Ramaikan Festival Budaya Kota Tangerang

Kota Tangerang – Pemerintah kota Tangerang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar event Gerak Jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: