Festival Palang Pintu Digelar Meriah Di Tangsel | BIDIK Tangsel
Festival Jurnalistik Tangsel 2017
Home / News Tangsel / Festival Palang Pintu Digelar Meriah Di Tangsel
Iklan Ucapan

Festival Palang Pintu Digelar Meriah Di Tangsel

Pondok Aren – Kegiatan Festival Palang Pintu di Lebaran Betawi Ke 3 Kota Tangsel digelar di Panggung Utama kawasan Jurangmangu Barat Kec. Pondok Aren Kota Tangerang Selatan. Masyarakat sangat antusias menyaksikan acara ini dan membuat suasana semakin meriah.

Pantauan bidiktangsel.com, Minggu (30/7-2017), acara ini sudah ramai dikunjungi warga sejak pagi. Ada yang khusus datang ingin menyaksikan pembukaan Palang Pintu, ada pula yang sekaligus berolahraga.

Acara yang digelar pada Lebaran Betawi ke 3 tak hanya menampilkan ragam kesenian dan makanan khas Betawi, di sana juga ada sejumlah stan yang menjual berbagai macam. Lalulintas sekitar agak tersendat karena ada acara ini.

Menurut Budayawan Betawi dan Tokoh Nadional, Ridwan Saidi menyebut, budaya merupakan kristalisasi dari sejumlah kebiasaan masyarakat dalam tinjauan antropologis tidak bisa dipisahkan begitu saja bagi orang-orang asli Betawi.

“Begitu pula dengan budaya Palang Pintu yang menjadi ciri khas Betawi dan masyarakatnya,” katanya

Dia menjelaskan jika dalam palang pintu ada beberapa aspek ditekankan oleh masyarakat Betawi, saat pria maupun wanita ingin menikah.

“Pertama ya kudu seiman, harga mati enggak bisa ditawar,” ujarnya.

Makna dari silat antar jawara dalam pementasan Palang Pintu ialah menunjukkan bukti jika pria mampu menjadi penjaga bagi si anak perempuan yang akan dinikahinya tersebut.

“Tentunya kita harapkan kalau kita punya anak perawan diminta sama orang lain, ya tentunya dia bisa ngejaga anak kita, kan begitu. Jadi syarat kedua itu tentunya dia bisa main pukul (bela diri),” pungkasnya. (*)

Hubungi Kami Melalui WA

About Redaksi

Check Also

Swasti Saba Wiwerda Terbaik Tahun 2017 Untuk Kota Tangsel

Tangsel – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda Terbaik Tahun 2017 dan Penghargaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: