Forum RT Kelurahan Jurbar Gelar Halal Bi Halal | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Forum RT Kelurahan Jurbar Gelar Halal Bi Halal
Iklan Ucapan

Forum RT Kelurahan Jurbar Gelar Halal Bi Halal

Pondok Aren – Forum Rukun Tetangga (RT) Kelurahan Jurangmangu Barat Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar acara Halal Bi Halal dengan tema Berbuat Khilaf adalah Sifat, Meminta Maaf adalah Kewajiban, kembali Fitrah adalah Tujuan”, Sabtu (22/7-2017).

Acara yang dihadiri oleh KH. Drs. HM Sobron Zayyan MA , Anggota DPRD Kota Tangsel, Ir. H. Ghaco Sunarso, Lurah Jurangmangu Barat Makmun, S.Pd, para pemuka agama, para Tokoh Masyarakat dan RT seluruh Kel. Jurbar.

Dalam tausiyahnya Ust. Jalalludin mengatakan Halal bi Halal muncul sebagai ungkapan saling menghalalkan kesalahan dan kekhilafan. Saling memaafkan satu sama lain.

Setiap orang sadar tidak ada yang lepas dari kesalahan. Manusia tempatnya salah dan lupa. Idul Fitri dengan kegiatan Halal bi Halal-nya, membuat umat Islam melebur kesalahannya dengan berbagi maaf tanpa sekat yang membatasi.

Sementara itu, KH Drs HM Sobron Zayyan MA dalam penyampaiannya kepada yang hadir mengatakan ada tiga pelajaran yang bisa kita petik dari kegiatan Halal Bi Halal.

Pelajaran pertama adalah pembersihan diri dari segala bentuk kesalahan. Dalam perjalanan itu tidak sedikit di isi dengan kesalahan, seperti lupa sholat, lalai menunaikan janji setia kepada Allah, lupa berdzikir, bersikap angkuh atau berlaku aniaya kepada diri sendiri.

“Pelajaran kedua dari Halal bi Halal adalah membersihkan hati dari rasa benci kepada sesama,” katanya.

Dan pelajaran ketiga menurut KH Drs HM Sobron Zayyan MA adalah memupuk kepedulian dan kebersamaan. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa lepas dari pergaulan dan kebersamaan yang dibangun lewat sikap tolong-menolong.

Muslim yang kaya membantu saudara nya yang miskin. Sepatutnya rasa gembira seseorang juga memberikan bentuk kenikmatan yang lain, yaitu kenikmatan bersyukur dengan berupaya membagi kebahagiaan itu kepada sesamanya.

Selesai Tausiyah dan doa bersama, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama. (*)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Gebyar HUT RI Ke 72 Di Gelar Kecamatan Setu

Setu – Gebyar Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-72 di gelar secara meriah dengan musik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan