Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017 | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017
Iklan Ucapan

Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017

Tangsel – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2017. Hardiknas adalah singkatan dari Hari Pendidikan Nasional. Hardiknas merupakan hari yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai hari  untuk memperingati kelahiran Ki Hajar Dewantara. Seorang tokoh yang menjadi pelopor pendidikan Indonesia sekaligus pendiri dari lembaga pendidikan Taman Siswa.

Ki Hajar Dewantara juga sempat mendirikan sebuah lembaga pendidikan Taman Siswa. Selain itu, beliau  juga memiliki filosofi yang sangat terkenal serta menempel erat dengan dunia pendidikan Indonesia, yaitu “Ing ngarso sung tulodo (di depan memberi teladan), Ing madyo mangun karso (di tengah memberi bimbingan), dan Tut wuri handayani (di belakang memberi dorongan)”.

Dan setelah negara Indonesia mendapatkan kemerdekaannya, Ki Hajar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Pengajar Indoneisa di kabinet republik Indonesia yang pertama. Selain itu, beliau juga mendapat gelar doktor kehormatan dari Universitas Gajah Mada  pada tahun 1957 sebagai doctor honoris causa, Dr. H. C. Teapi setelah 2 tahun mendapat gelar tersebut beliau wafat di tempat kelahiran beliau di Yogyakarta, tepatnya pada tanggal 28 April 1959.

Atas perjuangan tersebut, Ki hajar Dewantara akhirnya mendapat julukan sebagai bapak pendidikan Indonesia. Dan hari lahir beliau, tanggal 2 Mei selalu diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Sebagaimana yang tertulis pada Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959 yang tertanggal pada 28 November 1959.

Dan sebagai bentuk penghargaan lainnya, nama Ki Hajar Dewantara juga telah diabadikan sebagai salah satu nama sebuah kapal perang yang ada di Indonesia, yaitu KRI Ki Hajar Dewantara. Dan potret dirinya juga pernah di abadikan pada pecahan uang kertas 20.000 rupiah pada tahun emisi 1998.

Itulah sejarang singkat, kenapa Hari Pendidikan Nasional jatuh pada tanggal 2 Mei dan selalu di peringati setiap tahunnya. (*)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Walikota Tangsel Kunjungi Pospam Bintaro Jaya

Pondok Aren – Jelang takbiran puluhan botol minuman keras (Miras) di sita dan sejumlah remaja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *