Ketua STIEAD Melawat Ke University of Paris 1 Panthéon-Sorbonne dan Central Mosque Paris | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Ketua STIEAD Melawat Ke University of Paris 1 Panthéon-Sorbonne dan Central Mosque Paris
Iklan Ucapan

Ketua STIEAD Melawat Ke University of Paris 1 Panthéon-Sorbonne dan Central Mosque Paris

Tangsel – Dalam rangka agenda keliling kampus di Eropa, pasca melawat ke Inggris pada 11 September lalu, Ketua STIE Ahmad Dahlan Jakarta (STIEAD), Dr. Mukhaer Pakkanna langsung bertolak ke Perancis.

Di Negeri Napoleon Bonaparte tersebut, ia mendatangi City of Lights atau “Kota Cahaya” yaitu Kota Paris. Selama di Paris, Mukhaer mengunjungi University of Paris 1 Panthéon-Sorbonne dan diterima oleh bagian humas universitas pada Jum’at (15/9) waktu Indonesia.

“Selain melakukan kunjungan tentunya ada misi yang kami bawa yaitu mengenalkan pendidikan tinggi Indonesia umumnya dan kampus muhammadiyah khususnya termasuk STIEAD. Mudah-mudahan kunjungan ini dapat dilanjut dalam bentuk kerjasama program antar kampus ke depannya,” ujar Mukhaer Pakkanna melalui keterangan resminya.

Saat sedang berada di kampus tersebut, Mukhaer mengaku teringat dengan beberapa tokoh dan orang-orang sukses dunia maupun Indonesia yang pernah mengenyam pendidikan di kampus ini.

“Saya teringat Ali Syariati tokoh Iran, di sini juga Andrea Hirata, penulis novel Laskar Pelangi, mereka kuliah di kampus ternama ini,” katanya.

Disela-sela kunjungannya, Mukhaer juga menyempatkan diri untuk merasakan suasana beribadah di Central Mosque Paris atau Masjid Raya Paris yang letaknya tidak jauh dari University of Paris 1 Panthéon-Sorbonne.

“Alhamdulillah, mampir ke Masjid Agung Kota Paris, dekat University of Paris 1 Panthéon-Sorbonne,” imbuhnya.

Diketahui dari sumber terpercaya, baik Central Mosque Paris maupun University of Paris 1 Panthéon-Sorbonne, kedua tempat tersebut memiliki sejarah yang luar biasa di Paris. Misalnya, Universitas Paris 1 Panthéon-Sorbonne adalah sebuah universitas di Paris, Perancis. Secara historis, universitas ini adalah bagian dari Universitas Paris, yang dibagi menjadi beberapa universitas. Sekitar 40.000 mahasiswa tersebar dalam 14 departemen pengajaran dan penelitian (Unités de Formation et de Recherche) dan 5 institut, yang memberikan pengajaran hukum, ilmu politik, ilmu ekonomi, manajemen dan humaniora.

Universitas ini berada di urutan 121 dalam 500 THES – QS World University Rankings tahun 2005, urutan 71 tahun 2004. Tahun 2006, universitas ini di urutan 264. Peringkatnya jatuh ke 369 pada 2007 karena sejumlah aktivisme mahasiswa yang mencakup demonstrasi yang memblokir universitas ini selama 3 minggu.. Tahun 2008, peringkat universitas ini naik ke 288.

Kemudian, Grande Mosquée de Paris (Masjid Raya Paris) terletak di Arondisemen Ve, Paris. Masjid ini didirikan setelah Perang Dunia I sebagai tanda terima kasih Perancis kepada tirailleurs Muslim dari koloni yang turut berperang melawan pasukan Jerman. Dibangun mengikuti gaya mudéjar dan memiliki menara dengan tinggi 33 meter. Masjid ini diresmikan oleh Presiden Gaston Doumergue pada tanggal 15 Juli 1926. Masjid Raya Paris saat ini dipimpin oleh mufti Dalil Boubakeur, yang juga menjabat sebagai presiden Dewan Muslim Perancis yang dibentuk tahun 2002.

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

DPC Partai Garuda Kota Tangsel Mendaftar Ke KPU Tangsel

Serpong – Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilihan Umum 2019 di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *