Koperasi Umat Madani Bersatu Resmikan Gerai 212Mart Ke Dua | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Koperasi Umat Madani Bersatu Resmikan Gerai 212Mart Ke Dua
Iklan Ucapan

Koperasi Umat Madani Bersatu Resmikan Gerai 212Mart Ke Dua

Pamulang – Setelah membukai gerai pertamanya di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Koperasi Umat Madani Bersatu (UMB) Kota Tangsel, Sabtu (8/10-2017) kembali Grand Opening gerai 212 Mart yang kedua di Komplek Masjid At-Taqwa Villa Pamulang Kec. Pamulang Kota Tangerang Selatan.

Acara yang dihadiri sekitar 100 orang anggota Koperasi UMB, berlangsung pagi hari ini, bertempat di Jalan Taqwa Raya Blok DF/1 Pamulang Kota Tangsel dengan MC Tito KR

Menurut Ketua Panitia H. Anwar dalam rangka pembukaan Grand Opening 212 Mart Attaqwa, dan sebelumnya pada tanggal 5 Agustus 2017 juga telah dilaku kan Grand Opening di Ruko Suraland Pondok Ranji.

“212 Mart merupakan gerai usaha umat, untuk membantu mengimplementasikan program Pemkot Tangsel. Merupakan bagian dari proses pembangunan umat/masyarakat Kota Tangsel, yang bergerak dibidang ritael,” katanya.

212 Mart ini berencana akan hadir di Kota Tangsel diantaranya di Puspitek, Mujahidin Pamulang, Bantan Indah Setu, Masjid Raya Bintaro Jaya, Muhajirin Villa Bintaro Regency, dan Pondok Aren.

Koperasi UMB rencananya akan membangun di setiap kecamatan ada satu gerai 212 Mart.

“Koperasi UMB dalam prosesnya dilakukan pembagian hasilnya 20% untuk sosial, 20% untuk pengembangan unit usaha dan 60% dibagikan kepada umat per tiga bulan,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa 212 Mart Attaqwa merupakan gerai ke 25 di Indonesia, kita bangga memiliki toko sendiri, dan pada hari ini secara bersamaan juga berlangsung pembukaan 3 Gerai 212 Mart, diantara nya Gerai 212 Mart Cipayung (gerai ke 26), dan 212 Mart di Riau  Pakanbaru (gerai ke 27).

“212Mart merupakan gerai milik umat dan terus bergerak, terus bersosialisasi dari masjid ke masjid,  harapannya lebih bagus dari pada gerai 212 mart yang ada. Khusus Kota Tangsel, gerai 212 Mart bersatu kedalam Koperasi Umat Madani Bersatu (UMB) Kota Tangsel,” jelasnya saat memberikan sambutan.

Dia juga menjelaskan bahwa semua gerai 212 Mart sudah dimiliki jamaah,  dalam waktu 1 minggu terkumpul 200 juta di 212 Mart Attaqwa, dalam jangka 5 tahun kedepan gerai ini akan diwakaf kan ke masjid Attaqwa.

Sedangkan Ketua Koperasi Umat Madani Besatu (UMB), H. Teddy Supriyadi menyampaikan peresmian unit usaha 212 Mart, bersama koperasi umat madani bersatu merupakan bagian dari 212 Mart, sebagai unit usaha umat. Koperasi UMB merupakan induk koperasi dari gerai 212 di Kota Tangsel.

Menurutnya dalam waktu singkat sekitar 2 minggu, bisa terkumpul dana untuk sumbangan dan santunan kepada anak yatim. Murni sumbangan/investasi dari jamaah. Insya Allah dengan berjamaah semua menjadi mudah. Dari sisi koperasi, nilai ekonomi harus dipertimbangkan karena terkait unit usaha masyarakat.

“Merupakan awal usaha perjuangan ekonomi umat, ini adalah tugas dan perjuangan kita. Mari kita tingkatkan demi generasi umat islam kedepannya. Kekuatan umat bersatu akan lebih mudah apabila dilakukan berjamaah,  karena konsep 212 mart adalah berjamaah,” ujanya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Koperasi Dan UKM, Dahlia Nadaek menyampaikan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya yang telah membangun unit usaha Koperasi Umat Madani yang telah berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi masyarakat khususnya di Kota Tangsel.

Menurutnya pertumbuhan ekonomi Indonesia secara global adalah dikuasai oleh pengusaha konglomerat dan orang kaya. Akan tetapi di Kota Tangsel berdiri koperasi umat madani bersatu berdiri atas usaha umat bukan milik pengusaha konglomerat.

Keutungan yang ada dikoperasi dibagi bersama dan berasaskan kekeluargaan. Koperasi madani kedepannya semoga lebih berkembang, sehingga bisa membantu ekonomi kerakyatan di Kota Tangsel.

“Mari bersama mewujudkan Kota Tangerang Selatan sebagai kota Koperasi dengan memiliki satu koperasi sejuta UKM, sehingga Koperasi menjadi solusi berkembangnya UMKM dan perekonomian masyarakat di Kota Tangsel,” ucapnya.

Juga dalam kesempatan tersebut, Staf. Ahli Walikota Tangsel, Dedi Budiawan, menyampaikan semoga dengan diresmi kannya 212 Mart sebagai pertanda kebangkitan umat Islam.

Pemkot Tangsel mendukung berdirinya koperasi UMB, salah satunya yaitu dengan mempermudah perijinan. Umat Islam paling besar di Indonesia, harus mampu membangun ekonomi umat sendiri,  sehingga keuntungannya akan dirasakan oleh umat Islam sendiri.

“Titip kepada pengurus 212 Mart, untuk tetap menjual produk-produk UMKM yang ada di Kota Tangsel serta menjual produk yang higienis, yang sehat dan layak dijual,” ujarnya.

Pemkot Tangsel sangat bangga berdiri nya minimarket 212 Mart, harus dirawat dan didukung terus sehingga Koperasi 212 Mart bisa berkembang.

“Kita harus memperkaya umat Islam sendiri,  jangan memperkaya pengusaha asing seperti Aqua Danon (Perancis), dan Susu Kental Bendera (Belanda). Produk yang dijual harus murah dan berkualitas,” pungkasnya mengakhiri sambutan. (*)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Dispora Tangsel Lakukan Orientasi MABI di OPD

Serpong – Dalam mewujudkan Program Revitalisasi Gerakan Kepramukaan ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kota Tangerang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *