Masihkah Makna Pancasila Ada Dalam Diri setiap individu | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Masihkah Makna Pancasila Ada Dalam Diri setiap individu
Iklan Ucapan

Masihkah Makna Pancasila Ada Dalam Diri setiap individu

Tangsel – Hari ini tanggal 1 Juni 2017 yang bertepatan dengan Hari Lahirnya Pancasila. Hari dimana dasar Negara Indonesia beberapa tahun silam dirumuskan oleh para pendiri bangsa. Dasar Negara dinama Pancasila mengandung maksud sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau dari Sabang sampai merauke.

Dengan dasar Negara ini diharapkan mampu menjadi pengikat beberapa pulau yang ada di Indonesia menjadi satu dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia dimana tidak ada suatu “dinding pemisah” antara bagian barat, tengah dan timur semua menjadi satu dengan satu dasar yakni Pancasila.

Terus kemudian bagaimana dengan sekarang? Masihkah makna Pancasila ada dalam diri setiap individu yang “mengaku” sebagai warga Negara Indonesia?.

Makna Pancasila dari sila pertama sampai dengan sila kelima sudahkan dihayati yang kemudian diimplementasi kan dalam kehidupan sehari-hari?. Mungkin inilah pertanyaan yang mesti kita jawab sendiri-sendiri.

Makna pancasila sebagai dasar Negara hendaknya tidak hanya dihafalkan saja akan tetapi perlu adanya wujud nyata dari setiap warga  Negara Indonesia untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dimana nantinya setiap warga Negara Indonesia memiliki rasa saling memiliki antara yang satu dengan yang lain dalam satu kesatuan yakni NKRI.

Sehingga diharapkan tidak ada lagi diskriminasi antara penduduk yang satu dengan yang yang lain, tidak ada diskriminasi antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain, yang kesemuanya menjadi satu dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan Pancasila. (ihsanudien)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Turab Jebol, Dua Rumah Warga Ketiban Tanah Longsor

Setu – Wilayah Setu Kelurahan Muncul Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali terjadi longsor, dan kondisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *