Optimalisasi Masjid Melalui Aplikasi Masjid Tracking | BIDIK Tangsel
Festival Jurnalistik Tangsel 2017
Festival Jurnalistik Tangsel 2017
Home / Tangerang Selatan / Ciputat Timur / Optimalisasi Masjid Melalui Aplikasi Masjid Tracking
Iklan Ucapan

Optimalisasi Masjid Melalui Aplikasi Masjid Tracking

Ciputat Timur – Silaturahmi Perhimpunan Remaja Masjid Indonesia (Prima DMI) dalam rangka “Grand Launching Masjid Digital”, di Ruang Diorama Lantai 1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (29/10-2017).

Acara yang dihadiri Pejabat dan tokoh antara lain Staf Ahli Walikota Tangsel Dedi Budiawan, Presidium FMMB Toto Suhartono, Ketua PPM UIN Syarif Hidayatullah, Djaka Badranaya, Mewakili Kapolres Tangsel Iptu Sutrisno, Penggagas Aplikasi Masjid Tracking/ Dosen UIN Jakarta, Laode Sumarlin dan Para Pengurus DKM se-Tangsel.

Dalam penyampaiannya, Ketua DMI Tangsel Heli Slamet mengatakan bahwa kegiatan ini mengambil tema Optimalisasi masjid melalui aplikasi Masjid Tracking. Ada tiga jenis dalam kegiatan ini yaitu Silaturahmi Perhimpunan Remaja Masjid, Grand Launching Masjid Digital “Masjid Tracking” dan Pencanangan gerakan kembali ke masjid.

“Gerakan pencanangan kembali ke masjid, digalakan karena dirasa ada penurunan beberapa masjid khususnya di Tangsel,” katanya.

Menurutnya, remaja masjid merupakan pelopor di masjidnya masing-masing, untuk hijrah kearah yang lebih baik. Karena tantangan masjid dan remaja kedepan sangat luar biasa.

“Ada sekitar 650 masjid di Tangsel, akan tetapi ketika mencari informasi tentang masjid, mengalami kesulitan dalam melakukan pendataan masjid, mencari profil masjid dan kegiatannya. Sehingga sangat penting dengan hadirnya aplikasi masjid tracking,” ujarnya.

Ia menyampaikan, program aplikasi ini sangat luar biasa, DMI sangat antusias dengan hadirnya aplikasi ini,  kedepannya masjid lebih bergairah lagi kegiatannya.

Sedangkan Ketua PPM UIN Jakarta, Jaka Badranaya, menyampaikan bahwa Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) UIN sebagai salah satu bentuk Tri dharma perguruan tinggi, selain Tri dharma sebagai lembaga pendidikan dan Lembaga Penelitian.

Menurutnya, Masjid merupakan basis sosial masyarakat,  tempat berinteraksi, masjid harus mendapatkan penguatan untuk menghindari penurunan fungsi. Kemajuan teknologi menuntut perubahan sosial dan sumber daya manusia untuk berubah kearah yang lebih baik.

“Masjid masih belum memiliki data yang lengkap,  basis jamaah belum jelas, setiap gerakan pasti ada pelopornya, sehingga perlu ditingkatkan manajemen masjidnya,” ungkapnya.

Ia berharap, Mendekatkan UIN Jakarta dengan para mahasiswa dan dosen kepada masyarakat, sebagai bagian dari bentuk pengabdian pada masyarakat, melalui berbagai program seperti desa mitra, dan pembinaan UKM.

Lebih lanjut, Jaka Branaya menambahkan bahwa dalam membangun masyarakat tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah sendiri, tetapi harus melalui kerjasama semua pihak yaitu pemerintah, perguruan tinggi,  dunia usaha dan masyarakat.

“Tekhnologi itu alat, maka perkuatlah kita sebagai SDM,  jangan sampai kita diperalat oleh tekhnologi. Masjid Tracking sebagai hasil teknologi, harus dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin untuk kemaslahatan umat,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Ahli Walikota Tangsel, Dedi Budiawan, juga menyampaikan bahwa Pemerintah dan semua pihak harus bekerjasama dalam memajukan Kota Tangsel, aparat keamanan/ kepolisian, Ulama dan masyarakat, harus ikut serta dalam memajukan tangsel sesuai dengan perannya masing-masing.

“Pemkot Tangsel mengucapkan terimakasih dan sangat mengapresiasi kegiatan Silaturahmi remaja masjid dan Grand Launching Masjid Tracking. Pemkot siap berkolaborasi dengan semua pihak,  baik DKM, DMI,  UKM dan pihak lainnya,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, Umat Islam sudah mulai geliat terhadap teknologi, jangan kalah dengan yang lainnya. Melalui Aplikasi Masjid Tracking semoga umat Islam, para pengurus DKM dan remaja masjid bisa memanfaatkan nya dengan baik.

Gerakan umat Islam terus berkembang, salah satunya yaitu mengembangan ekonomi umat melalui koperasi 212 Mart, bagi masjid dan DKM yang menginginkan Masjidnya memiliki gerai 212 Mart, silahkan bergabung dengan koperasi 212 Mart selain mendapatkan untung sekalian beribadah. (*)

Hubungi Kami Melalui WA

About Redaksi

Check Also

Bapenda Tangsel Berikan Tax Award Ke Wajib Pajak

Serpong – Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangsel memberikan penghargaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: