Pekan Koperasi dan Seminar Nasional Di UIN Syarif Hidayatullah | BIDIK Tangsel
Festival Jurnalistik Tangsel 2017
Home / Tangerang Selatan / Ciputat Timur / Pekan Koperasi dan Seminar Nasional Di UIN Syarif Hidayatullah
Iklan Ucapan

Pekan Koperasi dan Seminar Nasional Di UIN Syarif Hidayatullah

Ciputat Tmur – Bertempat di Auditorium UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,  Jalan Ir H Juanda No 95 Kel. Cempaka Putih,  Kec. Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan Tangsel), Senin (18/9-2017) telah berlangsung Kegiatan Pekan Koperasi dan Seminar Nasional, dengan tema “Make Great Achievment by Cooperative Values”.

Hadir dalam acara tersebut Pejabat dan tokoh Masyarakat diantaranya Prof. Yusron Rojak, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta,  Drs Toto Sugiyono, MM, Ass. Deputi Tatalaksana Kementerian Koperasi dan UKM RI, Dahlia Nadeak, Plt. Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Bari Rahmadani, Ketua Koperasi Mahasiswa/ Kopma UIN Jakarta, Muhamad Iqbal Tawakal, Intrepreneur/ President Director Wirausaha Pelajar Indonesia, Suroto, Wiraswasta muda dan pengamat perkoperasian, H. Dudung, Ketua Dekopinda Tangsel dan Para Mahasiswa UIN Jakarta.

Dalam sambutannya,  Muhamad Irsyad, Ketua Panitia mengatakan Pekan koperasi bersama Koperasi Mahasiswa (Kopma) UIN Jakarta adalah agenda terbesar Kopma UIN tiap tahun.

Koperasi adalah wadah bagi mahasiswa untuk lebih mengenal koperasi sebagai ideologi ekonomi kerakyatan. Melalui koperasi kita mandiri dan berdikari.

Koperasi memiliki nilai luhur yang sangat mendalam, karena memiliki dasar/asas Pancasila dan UUD 1945.

“Kegiatan pekan koperasi ini sebagai wujud cinta dan sayang kami mahasiswa UIN Jakarta kepada koperasi,” katanya.

Narasumbet pertama, Yusron Rojak, Wakil Rektor UIN Jakarta menyampaikan bahwa Rektor UIN Jakarta saat ini sedang di Vietnam mengikuti pertemuan bersama perguruan tinggi se- ASEAN, dalam rangka meningkatkan kerjasama pendidikan tinggi bersama negara-negara di Asia Tenggara.

“Saya Memberikan apresiasi dan menyambut positif kegiatan pekan koperasi ini. Semangat koperasi ini harus terus digelorakan,  meski tersendat-sendat tapi tetap eksis.,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Koperasi sebagai usaha ekonomi masyarakat yang ideal,  akan tetapi perkembangan ekonomi kapitalisme lebih besar, sehingga koperasi harus menjadi jati diri bangsa Indonesia.

Melalui kegiatan ini semoga muncul gagasan inovatif dalam perkembangan koperasi mahasiswa, sehingga dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa UIN sebanyak 23.000 orang.

Selain itu semoga bisa mendapat pengetahuan yang bermanfaat.

Sedangkan narasumber kedua, Dahlia Nadeak, Plt. Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel menyampaikan Apresiasi yang setinggi-tinginya terhadap Kopma UIN Jakarta sehingga dapat terlaksana kegiatan ini.

Ia menyampaikan, Pemuda merupakan aset dan penerus estapet pembangunan dimasyarakat. Kopma sudah menunjukkan suatu kepedulian dalam menyongsong ekonomi masyarakat untuk meningkatkan nilai dari ekonomi masyarakat itu sendiri.

Pemerintah memperioritaskan ekonomi kerakyatan, sebagai ujung tombak ekonomi masayasarakat yang tercantum dalam program Nawacita Presiden.

“Pemkot Kota Tangsel menjadikan koperasi sebagai solusi ekonomi kerakyatan melalui gerakan-gerakan koperasi. Koperasi harus bisa bersaing karena sama kedudukannya dengan badan hukum lainnya,” ujarnya.

Koperasi menjadi wadah ekonomi kerakyatan, diharapkan dengan adanya kopma ini menjadikan calon-calin wirausaha muda yang mampu menciptakan lapangan usaha sendiri.

Nilai koperasi menjadi ujung tombak perekonomian. Mari kita jadikan kopma UIN sebagai tempat organisasi juga menjadi tempat belajar berwirausaha sehingga mampu menjadi pengusaha muda.

“Pada tanggal 5-8 Oktober 2017, akan diadakan pekan hari koperasi daerah tingkat Kota Tangsel di ITC BSD,” jelasnya.

Diharapkan untik ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Selain itu ada kegiatan deklarasi koperasi mahasiswa sehingga mampu mewujudkan pembangunan ekonomi melalui koperasi.

“Mari kita wujudkan Tangsel sebagai kota koperasi tahun 2018, bergandengan tangan untuk mewujudkan kota Tangsel yang cerdas,  religius dan modern,” ungkap Plt.Kadis. Koperasi Dan UKM Kota Tangsel. (*)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Dispora Tangsel Lakukan Orientasi MABI di OPD

Serpong – Dalam mewujudkan Program Revitalisasi Gerakan Kepramukaan ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kota Tangerang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *