Pengaruh Operasi Pungli Terhadap Kinerja Anggota Polri | BIDIK Tangsel
Festival Jurnalistik Tangsel 2017
Home / Hukum / Pengaruh Operasi Pungli Terhadap Kinerja Anggota Polri

Pengaruh Operasi Pungli Terhadap Kinerja Anggota Polri

Tangsel – Polres Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menerima kegiatan kunjungan Tim Peneliti (Tim Pul Data) dari Sekolah Tinggi Ilmu kepolisian (STIK) yang terdiri dari Kombes Oya Zulfikar, Kombes Marvin Effendi, Prof. Dr. Tigor Sitorus dan Dr. Gropid.

Kunjungan yang berlangsung pada hari Senin, ( 4/4-2017) pukul 14.00 wib di Ruang Aula PGRI Kecamatan Pondok Aren Kota Tangsel, mengambil judul ”Pengaruh Operasi Pungli Terhadap Kinerja Anggota Polri dan Dampaknya Terhadap Kepercayaan Masyarakat”.

Kapolres Tangsel, AKBP Ayi Supardan
dalam sambutanya menjelaskan bahwa Polres Tangsel sudah terbentuk Satgas Saber Pungli tingkat eksternal sedangkan untuk masyarakat, menginduk di bawah Kendali Walikota Tangsel, dan Satgas yang sudah dibentuk terdiri dari Satgas Penindakan, Satgas Pencegahan dan Satgas Intelijen.

”Satgas Pencegahan sudah bekerja dengan memberikan sosialisasi dan penyuluhan ke Stakeholder terkait Operasi Saber Pungli dilanjutkan dengan pemasangan spanduk dan Banner Stop Pungli,” terangnya.

Dalam pelaksanaan penelitian diadakan sesi tanya jawab dan mengisi blangko quesioner yang dilakukan oleh para institusi mulai dari Kapolsek dan jajarannya.

Sementara itu, Kombes Marvin Efendi menjelaskan bahwa pada intinya kedatangan tim peneliti ke wilayah ingin mengetahui sejauh mana penanganan Saber Pungli yang sudah dicanangkan oleh pemerintahan presiden Jokowi sudah berjalan atau belum, serta pelayanan masyarakat yang ada di wilayah Polres.

“Apakah sudah benar-benar bebas dan bersih dari pungutan liar,” terang Kombes Marvin.

Pemberantasan Operasi Saber Pungli yang dicanangkan oleh pemerintahan presiden Jokowi memang sudah di rasakan oleh masyarakat dalam hal pelayanan serta perijinan yang berbelit-belit sudah berkurang.

Walaupun masih banyak kendala kurangnya sosialisasi yang belum maksimal, yang paling penting Sinergi dengan stakeholder untuk memperbaiki sistem pelayanan kepada masyarakat harus benar-benar bersih dari Pungli.

”Adanya penelitian ini akan dijadikan bahan masukan kepada pimpinan untuk mengambil langkah-langkah lebih lanjut, ” pungkasnya (*)

Hubungi Kami Melalui WA

About Redaksi

Check Also

Warna Warni Budaya Indonesia Ramaikan Festival Budaya Kota Tangerang

Kota Tangerang – Pemerintah kota Tangerang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar event Gerak Jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: