Peta Hijau Kota Tangerang Selatan | BIDIK Tangsel
Home / Advertorial / Peta Hijau Kota Tangerang Selatan

Peta Hijau Kota Tangerang Selatan

Serpong – Saat ini, banyak sekali gagasan dan konsep Kota Masa Depan seperti Smart City, Technopolis, Eco City, Sister City dan lain-lain. Benarkah gagasan dan konsep itu efektif untuk menjawab tantangan jaman yang serba digital, gadget dan sosial media?

Benarkah gagasan dan konsep itu mampu membuat masyarakatnya bahagia tinggal di Kota itu?

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel, H.Muqodas Syuhada mengatakan kota-kota di Indonesia, semuanya berpihak kepada para pemilik modal dan orang-orang kaya. Salah satu bukti keberpihakannya adalah dibangun nya infrastruktur jalan untuk yang punya kendaraan bermotor.

Sedangkan untuk pejalan kaki, pesepedah dan kaum disable sangat minim sekali bahkan tidak ada. Mereka masih dianggap kelompok yang tidak membayar pajak sehingga infrastrukturnya tidak diutamakan.

“Munculnya komunitas-komunitas di kota, disebabkan oleh tidak adilnya pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur kota yang lebih berpihak kepada para pemilik modal dan orang-orang kaya,” kata H.Muqodas Syuhada yang saat ini menjabat Sekdis.LHD Kota Tangsel.

Menurutnya, berbeda dengan mereka yang banyak duit dan berorientasi ke profit, maka komunitas ini berisi sukarelawan-sukarelawan yang memiliki kreativitas dan kegiatan-kegiatan sosial yang memberi dampak langsung terhadap kelompok masyarakat marginal yang merupakan mayoritas penduduk kota.

“Oleh karena itu, idealnya sebuah┬áKota Masa Depan itu adalah Kota yang dibangun oleh Komunitas dengan difasilitasi oleh Pemerintah dan didukung oleh Swasta, Akademisi, Praktisi dan Media,” ujarnya.

Begitu juga dengan Kota Tangerang Selatan, sebuah kota dengan visi sebagai kota cerdas, berkualitas, berdaya saing berbasis teknologi dan inovasi, dalam kurun waktu 5 tahun kedepan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel akan membuat PETA HIJAU TANGERANG SELATAN.

Kota Tangsel memiliki 9 Situ dan dilewati 5 sungai yang sangat potensial di kembangkan menjadi kawasan Eco City tempat beraktivitasnya warga kota. Di bantarannya dibangun Hutan Kota dan taman kota, kampung-kampung eksisting ditata menjadi Kampung Eco Wisata Innovatif.

Muqodas Syuhada berharap lahan-lahan tidur dijadikan pusat kegiatan kreativitas yang dikelola oleh komunitas dan disediakan juga pasar ekonomi kreatif untuk memasarkan hasil produk kreatifnya.

Transportasi sungai dibuat untuk menghubungkan kampung-kampung wisata. Di pusat kotanya, dibuat pedestrian melayang untuk jalur pejalan kaki, disable dan pesepedah yang dibuat nyaman dan aman seperti penggunaan lift/eskalator untuk aksesnya, cctv dan aplikasi tombol panik di handphone untuk keamanan serta vending machine untuk makanan dan minuman.

Sedangkan untuk informasi update tata ruang, titik kemacetan, titik bencana, jalur evakuasi dan lain-lain, dibentuk skuaDRONE yang beroperasi di jam-jam yang telah direncanakan dan penggunaan aplikasi mengenai lingkungan hidup berbasis smartphone dan open source.

Pelayanan publik bisa diakses dengan mudah dan disediakan fasilitaa online untuk memotong waktu dan jalur birokrasi. Dan semuanya itu terhubung dengan suatu sistem teknologi informasi yang dipusatkan di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan.

Untuk mencegah banjir dan memenuhi kebutuhan air bersih, setiap kawasan dan taman dibuatkan sistem memanen air hujan dengan cara menyediakan tabung-tabung untuk menampung air yang disimpan di dalam tanah dan ditanami dengan tanaman/pohon yang bisa menyimpan air.

Jadi menurut Muqodas Syuhada, Kota Masa Depan Tangerang Selatan, 5 tahun ke depan adalah kota yang cerdas, berkualitas, berdaya saing berbasis teknologi dan inovasi yang akan menggerakkan perekonomian masyarakatnya dengan berbagai kreativitas dan nilai-nilai sosialnya sehingga Visi Misi Kota Tangerang Selatan dapat segera terwujud. (Adv)

About Redaksi

Check Also

Calon Jemaah Haji Pondok Aren Tahun Ini 365 Jemaah

Pondok Aren – Sebanyak 365 calon Jemaah Haji asal Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *