Puskesmas Parigi, Ajak Kader Jumantik Cegah Kebakaran | BIDIK Tangsel
Iklan Ucapan
Home / Kesehatan / Puskesmas Parigi, Ajak Kader Jumantik Cegah Kebakaran
Iklan Ucapan

Puskesmas Parigi, Ajak Kader Jumantik Cegah Kebakaran

Pondok Aren – Kebakaran dengan api yang cukup besar membuat ibu-ibu kader Jemantik Kelurahan Parigi Kecamatan Pondok Aren ini ketakutan bahkan ada yang menjerit, Rabu (24/5-2017) di Aula PGRI Pondok Aren Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada saat diberikan penyuluhan dalam mengantisipasi bila terjadi kebakaran.

Selain di ajak peduli terhadap lingkungan untuk mengantisipasi merebaknya kasus demam berdarah (DBD), sejumlah kader jumantik (juru pemantau jentik), mereka juga diberikan penyuluhan dalam mengantisiasi bila terjadi kebakaran.

Kepala unit pelaksana teknis (UPT) Puskesmas Parigi Ia Solihat menjelaskan, kebakaran terjadi 90 persen penyebabnya akibat hubungan arus pendek listrik atau korsleting. Sedangkan 10 persen akibatnya dari Gas elpiji yang bocor disebabkan oleh faktor kelalaian manusia, saat menyalakan kompor untuk memasak.

“Akibat bencana tersebut dipastikan telah menyebabkan kerugian harta benda. Kami bekerjasama dengan kantor pemadam kebakaran agar kader Jumantik juga dibekali pengetahuan untuk mengatasi kebakaran, selain mereka menjadi relawan merebaknya Virus DBD. Artinya, masyarakat perlu diberikan pengetahuan, karena kegiatan ini, merupakan program berbasis lingkungan,” kata Ia Solihat

Kabib Pencegahan dan Pengendalian Damkar Kota Tangsel Toni didampingi Kasi Pengawasan Widada menjelaskan, secara periodik dan berkesinambungan pihaknya terus menggulirkan program sosialisasi kepada masyarakat umum. Seperti melalui pelatihan pelatihan bimbingan teknis maupun simulasi penanggulangan bahaya kebakaran di gedung-gedung lokasi sentra kegiatan perekonomian.

“Kerjasama dengan pihak Puskesmas melalui relawan Jumantik, diharapkan mampu memberikan edukasi deteksi dini ketika menghadapi insiden yang berpotensi terjadinya kebakaran. Dari para kader jumantiklah kita berharap bisa memberikan pengetahuan mengatasi apabila terjadi kebakaran dan tidak panik,” ujarnya.

Toni menambahkan, “Memberikan pemahaman kepada warga agar lebih dini dapat mengetahui cara pencegahan dari bahaya kebakaran sebelum terjadi dan dapat mengendalikan pada saat terjadi kebakaran, terutama ibu-ibu rumah tangga yang setiap harinya bersentuhan dengan bahan bakar gas,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, terlihat sejumlah relawan Jumantik dan pegawai Puskesmas antusias mencoba menggunakan APAR serta memadamkan api menggunakan media karung yang telah dibasahi air. (*)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

IJTI Korwil Tangsel Dan Polres Tangsel Buka Bersama

Pondok Aren – Ikatan Jurmalist Televisi Imdonesia (IJTI) Korwil. Tangerang Selatan (Tangsel) dan Polres Tangsel, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *