Wartawan Ikuti KLW PWI Banten 2017 Di Serpong | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Wartawan Ikuti KLW PWI Banten 2017 Di Serpong
Iklan Ucapan

Wartawan Ikuti KLW PWI Banten 2017 Di Serpong

Serpong – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (3/5) menggelar Karya Latih Wartawan (KLW). Kegiatan yang diikuti oleh puluhan wartawan dan pimpinan redaksi media se Provinsi Banten dan Bogor.

“Peserta berasal dari perusahaan media cetak maupun online tingkat lokal dan nasional. Ini sekitar 30 peserta yang ikut kegiatan KLW ini,” ujar Andre Sumanegara, Ketua Panitia KLW PWI Kota Tangsel di Resto Kampung Angrek, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel).

Sedangkan, Ketua PWI Kota Tangsel Junaidi mengatakan, dalam kegiatan KLW ini PWI hendak menata organisasi untuk lebih optimal lagi dalam mewadahi wartawan. Salah satunya dengan peningkatan kualitas dan profesionalitas wartawan melalui karya latih wartawan.

“Berawal dari KLW kita menata organisasi wartawan yang sesungguh nya. Ini untuk meningkatkan profesionalitas dan kapabilitas wartawan,” ujar Junaidi, Ketua PWI Kota Tangsel.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Banten Firdaus mengatakan KLW merupakan bagian dari proses kaderisasi organisasi. Dengan mengikuti KLW, wartawan dapat mengetahui apa-apa saja yang ada di PWI sebagai organisasi profesi. Salah satunya mengenai struktur yang ada didalam. Mulai dari kode etik jurnalistik hingga aturan dan sejarah PWI.

“Jadi dengan KLW kita ingin meluruskan apa-apa saja tugas, hak, kewajiban dan kode etik dari wartawan dalam kegiatan pers yang dilaksanakan,” ujarnya.

Firdaus menambahkan, bahwa dalam kegiatan KLW ini merupakan salah satu cara untuk lebih memahami tugas dan kerja Pers sebagai salah satu pilar demokrasi.

“Ini bagus untuk diikuti, agar kita bisa lebih faham lagi soal kode etik, profesionalitas pers dan organisasi PWI,” ujarnya.

Dan sebagai perusahaan media yang mengedepankan profesionalitas, kesertaan wartawan dan jajaran redaksi dalam KLW dan UKW merupakan salah satu hal yang wajib untuk ditempuh.

“Sebagai perusahaan media mewajibkan seluruh wartawan untuk ikut KLW dan UKW. Wartawan harus memahamai UU Pers nomor 40 tahun 1999 dan PWI merupakan salah satu wadah organisasi profesi wartawan. Dengan begitu, hubungan antara wartawan dan narasumber di tiap daerah dapat terjalin dengan baik,” tuturnya. (*)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Ketua SMSI Banten Serahkan 70 Berkas Media Siber ke SMSI Pusat

Tangsel – Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Banten Junaidi menyerahkan 70 berkas media siber …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan