Woii…Berisik, Warga Keluhkan Pembangunan Tol Kunciran-Serpong | BIDIK Tangsel
Festival Jurnalistik Tangsel 2017
Home / Hukum / Woii…Berisik, Warga Keluhkan Pembangunan Tol Kunciran-Serpong
Iklan Ucapan
Apakah Tidak Ada Kompensisi Warga Terkena Dampak Langsung Pembangunan Tol ?

Woii…Berisik, Warga Keluhkan Pembangunan Tol Kunciran-Serpong

Serpong Utara – Proyek pembangunan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang tengah berlangsung, mendapat kritikan warga Kelurahan Pakujaya, RW 05 dan sekitarnya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Pasalnya karena pekerjaan yang berlangsung dianggap mengganggu kenyamanan warga sekitar.

Suara gaduh dan getar yang dihasilkan mesin, membuat warga merasa tidak nyaman. Padahal proyek pembangunan Tol Kunciran-Serpong adalah proyek besar yang seharusnya sudah memikirkan dampak terhadap lingkungan dari pekerjaan yang dilaksanakan.

Seperti yang diungkapkan H Munjeri, ia benar-benar merasa tidak nyaman ketika proyek itu berjalan. Suara gaduh dan getar yang keluar dari mesin sangat kencang dan menimbulkan getaran ke rumah-rumah penduduk.

”Suara mesinnya sangat gaduh dan getaran yang ditimbulkan mesin-mesin sangat menganggu penduduk,” ungkapnya.

Menurutnya, getaran alat berat pemadat jalan itu sangat terasa sekali, sehingga pintu dan jendela rumah warga yang berdekatan dengan pembangunan jalan tol ini sampai memunculkan suara berisik.

Selain itu, ia juga mengeluhkan bahwa pihak proyek itu sama sekali tidak pernah mendatangi warga untuk sowan.

”Padahal lokasinya tepat di pinggir rumah saya,” jelasnya kepada wartawan.

Sementara itu Ketua RW 05 Kelurahan Pakujaya Drs H Sadji Rahardjo, M.Si mengungkapkan, pihaknya telah menerima aduan warga soal kebisingan dan getaran alat berat yang sedang mengerjakan proyek tol yang ada di wilayahnya.

Bahkan warga dua RT yaitu RT 11 dan RT 02 secara terpisah telah melayangkan surat kepada PT Waskita Karya selaku pelaksana pekerjaan pembangunan Tol tersebut.

Surat warga tersebut pada dasarnya merasa terganggu pengoperasian alat-alat berat dalam pembangunan proyek itu.

Lebih lanjut, Saji Rahardjo mengungkap kan, dalam upaya ikut menyelesaikan keluhan warnya, pihaknya telah membentuk tim kecil yang dapat secara langsung berhubungan dengan pihak proyek atau instansi lainnya.

Sedang pihak PT Waskita Karya telah membalas surat warga, dalam surat yang ditandatangi Victor Anton Sutresno sebagai General Superintendent tersebut antara lain mengungkapkan, bila terdapat kerusakan akibat aktivitas kuntruksi akan diperbaiki seperti semula.

Demikian pula bagi warga yang mengalami gangguan kesehatan dapat melapor ke PT Waskita Karya dengan data surat keterangan dokter atau keterangan lainnya.

Sedangkan untuk kompensasi debu dan suara berisik tidak ada dalam kebijakan perusahaan atau peraturan yang berlaku di Indonesia. (*)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

DPC Partai Garuda Kota Tangsel Mendaftar Ke KPU Tangsel

Serpong – Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilihan Umum 2019 di …

One comment

  1. Bagamana indonesia ini akan bisa maju, baru segitu saja sudah ngeluh, cengeng lagian itu juga hanya semntra waktu doang tdk selamnya, dan proyek itu juga untk kepntingan umum untk kelancarannya perekonomian negara ini, kalau saya kontraktornya kalau mau protes, suruh langsung ke PU nya jgn ke kontraktornya, karna kontrktor hanya sebatas mengerjakan saja, untk hal lainnya kewengan di PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *