Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / News Tangsel / Safari Pembinaan Koperasi Sekolah Oleh Dinkop Dan UKM Tangsel
Iklan Ucapan

Safari Pembinaan Koperasi Sekolah Oleh Dinkop Dan UKM Tangsel

Serpong Utara – Koperasi sekolah sebagai wadah pendidikan perkoperasian dan sekaligus sebagai kegiatan ekonomi dari, oleh, dan untuk siswa, maka keberadaan nya perlu dikembangkan.

Dalam upaya pembinaan koperasi sekolah, Dinas Koperasi Dan UKM Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melaksana kan Safari Pembinaan Koperasi Sekolah dengan tema Kegiatan PeningkatanĀ  Fasilitasi Koperasi, Rabu (18/4-2018) di SMAN 7 Serpong Utara Kota Tangsel.

Menurut Kabid. Koperasi Dinkop. Dan UKM, Hj. Nurhayati mengatakan bahwa Keberadaan koperasi di sekolah merupakan upaya dari pemerintah untuk menanamkan jiwa koperasi pada siswa sedini mungkin.

“Koperasi sekolah memiliki potensi yang besar untuk dimanfaatkan tidak hanya sebagai tempat menjual kebutuhan siswa saja akan tetapi bisa menjadi tempat untuk belajar praktek berkoperasi bagi siswa,” katanya dalam dalam acara tersebut mewakili Plt. Kadis. Koperasi Dan UKM Kota Tangsel.

Ia menjelaskan, setiap sekolah, baik swasta maupun negeri dianjurkan untuk membentuk koperasi sekolah guna memberikan pendidikan berwirausaha dan pendidikan tentang koperasi.

“Koperasi sekolah juga memungkinkan para siswa untuk menerapkan ilmu ekonomi yang mereka terima di sekolah sehingga mereka bisa mengetahui terapan ilmu ekonomi di dunia nyata, bukan hanya sekedar teori ekonomi,” ujarnya.

Lanjutnya, Koperasi sekolah berfungsi sebagai wadah untuk mendidik bagi tumbuhnya kesadaran berkoperasi di kalangan siswa.

Sedangkan tujuan koperasi sekolah adalah Mendidik, menanamkan, dan memelihara suatu kesadaran hidup bergotong royong, serta jiwa demokratis diantara para siswa.

“Memupuk dan mendorong tumbuhnya kesadaran serta semangat berkoperasi di kalangan siswa, Mendidik dan menanamkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) di kalangan siswa serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berkoperasi di kalangan anggota yang berguna bagi para siswa untuk bekal terjun di masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya juga Koperasi Sekolah dapat menunjang program pembangunan pemerintah di sektor perkoperasian melalui program pendidikan sekolah dan membantu dan melayani pemenuhan kebutuhan ekonomi para siswa melalui pengembangan koperasi sekolah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakasek. Bidang Kesiswaan SMAN 7 Serpong Utara, Ketua Koperasi Pegawai, Guru Ilmu Ekonomi dan Kewirausahaan, para Kasi. Bidang Koperasi Dinkop. Dan UKM Kota Tangsel, guru pembimbing dan para siswa-siswi sekolah tersebut. (IsOne)

139 Di Lihat 3 Dibaca

About Redaksi

Check Also

PT Nissan Motor Distributor Indonesia Dituntut Konsumen 2,27 M

Ciputat – Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Tangerang Selatan (Tangsel ) menggelar sidang sengketa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *