Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Kesehatan / Sosialisasi Dan Harmonisasi Germas dan PIS PK Di Pondok Aren

Sosialisasi Dan Harmonisasi Germas dan PIS PK Di Pondok Aren

Pondok Aren – Germas adalah suatu kebijakan pemerintah yang di kemas dalam bentuk kegiatan terpadu dan terkonsep yang harus dilakukan oleh seluruh elemen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat demi meningkatkan kualitas hidup.

Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang diluncurkan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan nomor 39 tahun 2016 sebagai salah satu kebijakan kementerian kesehatan untuk meningkatkan akselerasi pembangunan kesehatan.

Selama ini masalah kesehatan muncul akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat dan sanitasi lingkungan serta air bersih yang kurang memadai, karena itu Germas hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Demi mewujudkan keluarga sehat, Program Indonesia Sehat-Pendekatan Keluarga (PIS-PK) terus di sosialisasikan kepada masyarakat. Kali ini, Politeknik Kesehatan Jakarta 1, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bekerjasama dalam mewujudkan keluarga sehat.

Mewakili Kementerian Kesehatan, Kepala Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Sugiyanto S.pd.M.App.Sc Kep mengatakan pemerintah sudah konsen untuk mewujudkan keluarga hidup sehat.

“Melalui Germas PIS-PK, pemerintah sudah sangat konsen untuk keluarga hidup sehat. Ada tiga pola cara untuk hidup sehat pertama aktifitas fisik, kedua cek kesehatan, dan ketiga gemar makan buah dan sayur,” katanya di Aula Kec. Pondok Aren, Kota Tangsel.

Selanjutnya, melalui pendekatan keluarga ini nantinya tiap-tiap keluarga akan dicek kesehatannya. Apakah sudah memenuhi kriteria keluarga hidup sehat atau belum.

“Ada 12 kriteria indikator keluarga hidup sehat atau tidak, semisal sering periksa kesehatan atau tidak, dalam keluarga ada yang merokok atau tidak. Ini tiap Kecamatan akan mengecek tiap keluarga. Saya harap, kedepan banyak keluarga yang sehat,” paparnya.

Sedangkan Direktur Politeknik Kesehatan Jakarta 1, Ani Nuraini menjelaskan bahwa sosialisasi Germas PIS-PK merupakan inti dari pembangunan kesehatan.

“Ini merupakan pengabdian masyarakat bagi kami. Keluarga merupakan inti pembangunan kesehatan. Program Indonesia sehat melalui PIS-PK, menekankan bahwa pentingnya dalam membangun kesehatan dalam keluarga,” ungkapnya.

Dengan keluarga yang sehat akan menjadikan bangsa Indonesia yang cerdas dan sehat. Dan, juga akan mencetak generasi bangsa yang cerdas.

“Indonesia sehat berasal dari keluarga yang sehat. Melalui pembagunan lintas sektor, akan menghasilkan bangsa Indonesia yang sehat, hebat dan cerdas. Kami disini semua, mengajak untuk mensukseskan program pemerintah dalam membangun kesehatan,” tuturnya.

 

Sementara itu, Camat Pondok Aren, H. Makum Sagita, S.Pd yang mewakili Pemkot Tangsel, sangat mendukung program Germas PIS-PK.

“Program Indonesia sehat harus kita dukung. Mulai dari makanan, buah- buahan hingga olahraga yang teratur. Sebab olahraga teratur dapat membuat kita menjadi sehat. Mudah-mudahan kita menjadi orang yang selalu diberikan kesehatan,” katanya.

Sebagai bentuk dukungan Pemda dalam mendukung PIS – PK maka pada hari Senin, 5 Maret 2018 lalu bertempat di Puspem Kota Tangsel, telah dilakukan Penggalangan Komitmen PIS – PK yang dipimpin langsung oleh Ibu Walikota Tangsel bersama seluruh Camat, Lurah, perwakilan Kader & stake holder.

Sosialisasi ini dihadiri pula oleh tokoh masyarakat Tangsel, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Irgan Khairul Mahfiz, serta masyarakat yang diberikan materi pemahamam tentang keluarga hidup sehat. (IsOne).

285 Di Lihat 4 Dibaca

About Redaksi

Check Also

Optimalkan Layanan Publik, Wali Kota Gagas Integrasi E-Government

Kota Tangerang – Pemerintah kota (Pemkot) Tangerang berencana meng-integrasikan secara penuh sistem electronic government (e-government) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.