Posko Relawan Bencana Banjir dan Tanah Longsor Anyer | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Posko Relawan Bencana Banjir dan Tanah Longsor Anyer
Iklan Ucapan

Posko Relawan Bencana Banjir dan Tanah Longsor Anyer

#Sosok – Dalam meringankan beban masyarakat yang ditimpa musibah bencana banjir dan longsor di wilayah Anyer–Carita beberapa waktu lalu, telah dilaksanakan aksi kemanusiaan yang selenggarakan pada tanggal 30 s.d 31 Juli 2016 lalu, dimana para donatur dan relawan berkumpul bersama untuk saling membantu .

Organisasi-organisasi yang tergabung dalam melancarkan misi kemanusiaan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di wilayah anyer-carita, berkumpul di POSKO GABUNGAN  Jl. Raya Anyer KM 127, Cikoneng, Anyer , Serang , Banten.

7759bdfc-b68b-4c56-b044-0f183621e957

Tergabung dalam Aksi kemanusiaan tersebut beberapa organisasi yakni Rumah Pemberdayaan Masyarakat (RPM), Indonesia Rescue Club (IRC), Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI), BNI syariah (Yayasan Hasanah Titik) dan Rumah Sehat Sunda Kelapa.

Di ketahui, bahwa wilayah Anyer-Carita mengalami bencana banjir bandang dan tanah longsor pada 24 juli 2016 lalu, dimana bencana alam ini memporak porandakan wilayah yang di laluinya.

Air rob yang dating dari laut serta material lumpur yang berasal dari longsoran pegunungan disekitarnya, membuat daerah rendah dan pesisir pantai terdampak bencana ini.

Air beserta material bawaan seperti lumpur dan kayu-kayu yang terbawa bersama banjir bandang serta longsor ini masih jelas terlihat dan tersisa di desa-desa yang berhasil disambangi dan menjadi objek penyaluran bantuan oleh para relawan dari POSKO GABUNGAN.

Relawan datang ke desa yang terkena bencana, dengan berbagai aktifitas membersihkan rumah dari sisa-sisa lumpur, salah satunya Kampung Siring, Desa Tanjung Manis, Anyer.

Dengan misi kemanusiaan memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat  yang berada disekitar wilayah bencana serta memberikan bantuan air bersih, mie instant, dan pakaian layak pakai serta selimut.

Rumah Pemberdayaan Masyarakat (RPM), memberikan hiburan berupa dongeng ceria untuk anak-anak di sekitar wilayah bencana sebagai Trauma Healing, mengingat anak-anak mengalami trauma, sehingga dipandang perlu untuk memberikan perhatian kepada anak-anak.

Adapun kegiatan dan bantuan untuk wilayah yang disambangi oleh Tim RPM Peduli dalam aksi kemanusiaan ini di Kampung Pesawahan, Desa Carita, Kecamatan Carita diberikan Layanan kesehatan gratis sebanyak 207 pasien, dan Pemberian Paket Tas dan buku tulis sebanyak 100 paket.

Kampung Kubar, Desa Mekarsari, KecamatanAnyer di berikan Layanan kesehatan gratis sebanyak 50 pasien, Desa Waluran dilakukan Trauma Healing berupa Dongeng anak serta snack dan buku tulis sebanyak 100 paket.

Pada tanggal 31 Juli 2016, Kampung Siring, DesaTanjung Manis, Kecamatan Anyer diberikan Layanan kesehatan gratis sebanyak 127 pasien dan Trauma Healing berupa dongeng anak dan pembagian snack, tas dan peralatan sekolah sebanyak 100 paket.

Di POSKO  Kecamatan Mancak dibagikan Penyaluran Bantuan Air Bersih 1 tangki dan Sembako  (Air mineral, Mie Instan) sebanyak 50 Paket.

Terlihat antusias dan kegembiraan masyarakat ketika tim relawan sampai ke desa mereka untuk membantu memulihkan kondisi desa mereka maupun secara psikis, setidaknya beban di pundak mereka sudah sedikit berkurang walaupun masih sangat banyak yang mereka butuhkan terutama bantuan untuk membangun kembali rumah-rumah mereka yang diterjang banjir dan longsor. (Husen)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

IJTI Korwil Tangsel Dan Polres Tangsel Buka Bersama

Pondok Aren – Ikatan Jurmalist Televisi Imdonesia (IJTI) Korwil. Tangerang Selatan (Tangsel) dan Polres Tangsel, …

One comment

  1. Semoga para relawan dan donatur dimudahkan dalam bertugas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *