Bamus Betawi Silahturahmi Dengan Warga Betawi Tangsel | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Bamus Betawi Silahturahmi Dengan Warga Betawi Tangsel
Iklan Ucapan

Bamus Betawi Silahturahmi Dengan Warga Betawi Tangsel

Pondok Aren – Badan Musyawarah Masyarakat (BAMUS) Betawi menggelar silaturahmi bersama warga Betawi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada hari Minggu (25-12-2016) di Hotel Santika Premiere Bintaro, Pondok Aren Kota Tangsel.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum Bamus DKI Jakarta, H. Zainudin (Oding), Ketua DPRD Kota Tangsel, HM. Ramlie dan Walikota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany, Anggota DPRD Tangsel, H. Rasyid.

Tampak juga hadir, Anggota DPRD Tangsel, H. Sukarya, Anggota DPRD Tangsel, H. Syihabuddin tokoh masyarakat kec. Pondok Aren, Heri Sumardi sang inisiator Blandongan Tangsel, Masdar, Egi bitung, H. Ibo, Rahmad H.S, Perwakilan dari  ormas Laskar Betawi, Perwakilan dari ormas IKB, Perwakilan dari ormas FBR, Ketua Barisan Muda Betawi, Aay Samudra, Perwakilan dari ormas Forkabi, serta para pegiat silat di Kota Tangerang Selatan.

Dalam sambutannya Ketua Umum Bamus Betawi, H. Zainudin mengatakan, maksud dari pertemuan ini adalah sebagai wadah untuk mempertemukan masyarakat asli Betawi di Kota Tangsel.

“Disini kita saling mengenal dan mempererat tali silaturahmi masyarakat Betawi dengan masyarakat pendatang,” kata H. Zainudin yang akrab disapa H. Oding ini.

H. Oding juga menjabarkan, bahwa kebudayaan Betawi merupakan bagian dari Budaya Nasional dan merupakan Aset Bangsa, maka keberadaannya perlu dijaga, diberdayakan, dibina, dilestarikan, dan dikembangkan sehingga berperan dalam upaya menciptakan masyarakat yang memiliki jatidiri, berakhlak mulia, berperadaban dan mempertinggi pemahaman terhadap nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Oding juga mencoba, mendorong, dan mengajak masyarakat Betawi di Tangsel untuk menduplikasi segera sebuah Payung Hukum, dengan Pergub, Perda, ataupun Perwal Tentang Pelestarian Budaya Betawi Dan Pelaksanaanya.

Sedangkan Walikota Tangsel, Hj. Airin Rachmy Diany dalam sambutannya mengatakan, bahwa Kota Tangsel dalam usianya yang baru menginjak 8 Tahun, masyarakat saling menghargai berbagai budaya yang ada.

“Sesuai dengan motto Tangsel, Cerdas Modern dan Religius,  untuk itu kita harus menjalin silaturahmi yang baik,” tutur Walikota.

Ia juga mengungkapkan, bahwa kita juga berbangga hati kemarin ada Festival Palang Pintu yang diadakan di Kemang (Jaksel) dan Kota Tangsel menjadi juara satu.

“Kami selaku instansi pemerintahan mengajak untuk bersama-sama memujudkan kota Tangsel menjadi kota yang nyaman huni,” tukas Airin.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Tangsel HM. Ramlie sekaligus toko Betawi dari Kecamatan Pamulang mengatakan bahwa jumlah masyarakat Betawi yang ada di Kota Tangsel khusunya yang ada di Kec. Pamulang hingga ke Kec. Serpong, jumlahnya sudah mencapai 65%.

“Saya berharap tali silatugrahmi yang pertama kali dari Bamus Betawi DKI ini, bisa berkesinambungan,” ungkapnya.

Sedangkan Tokoh Masyarakat Pondok Aren yang juga Anggota DPRD Tangsel, Syihabuddin mengatakan bahwa bersama rombongan anggota dewan lainnya beberapa waktu lalu sudah melakukan studi Banding ke Setu Babakan Jaksel terkait hal Perda Pelestarian Budaya.

“Namun masih banyak hambatan- hambatan, dalam hal asal usul daerah seni Betawi,” katanya.

Padahal Syihabuddin juga merasa bangga dan apresiasi penyelenggaraan Festival Lenong Betawi yang baru-baru ini sukses digelar di Kelurahan Jurang Mangu Timur Pondok Aren. (*)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Walikota Tangsel Kunjungi Pospam Bintaro Jaya

Pondok Aren – Jelang takbiran puluhan botol minuman keras (Miras) di sita dan sejumlah remaja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *