Festival Lenong Betawi Akan Di Gelar Lebih Menarik | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / Festival Lenong Betawi Akan Di Gelar Lebih Menarik
Iklan Ucapan

Festival Lenong Betawi Akan Di Gelar Lebih Menarik

Pondok Aren – Dalam upaya mewujudkan Lenong sebagai icon budaya Betawi di Kota Tangerang Selatan, akan digelar Festival Lenong 2 yang lebih spektakuler.

Festival Lenong Betawi yang rencananya bakal digelar di lapangan kelurahan Jurangmangu Timur, Pondok Aren selama tiga hari berturut-turut, mulai tanggal 18, 19 dan 20 November 2016 mendatang.

Kegiatan yang akan disemarakkan dengan berbagai jenis acara berupa karnaval budaya Betawi (seluruh peserta karnaval berbusana Betawi), Pementasan seni dan budaya Betawi, santunan kepada 200 anak yatim, jalan santai yang diikuti oleh 5000 orang peserta.

Selain itu, Parade hadroh. Parade band Betawi, Stand bazar UKM ikut meramaikan Festival Lenong 2 dan setiap kecamatan akan menjadi delegasi dengan mengirimkan kreasi seni budaya.

Para panitia akan memberikan inovasi yang kreatif dengan konsep miniatur rumah adat Betawi berupa blandongan yang nantinya akan dijadikan sebagai souvenir.

Hal ini sangatlah mendasar, sebab logo pemerintahan Tangsel identik menggunakan simbol rumah adat Betawi.

Walikota Tangerang Selatan, Hj. Airin Rachmi Diany, SH.MM sangat mendukung langkah yang dilakukan oleh panitia Festival Lenong 2 yang sangat kreatif dan Inovatif.

Abdul Karim selaku ketua panitia penyelenggara mengungkapkan, Festival Lenong Betawi edisi ke 2 Kota Tangerang Selatan ini bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi antar seniman dan pelaku budaya Betawi yang bermukim di Kota Tangsel.

“Menjadikan Festival Lenong Betawi sebagai tradisi tahunan, utamanya bagi masyarakat Betawi di Kota Tangsel,” kata Abdul Karim.

Selain itu Festival lenong Betawi merupakan sarana pengenalan seni peran/theater Betawi, sekaligus sebagai upaya menjaga kearifan budaya lokal, tutur Abdul Karim, Minggu (13/11-2016) di rumah adat Blandongan, Jurangmangu Timur Pondok Aren Kota Tangsel.

Abduk Karim juga menjelaskan, kegiatan semacam ini juga dapat memberikan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat tentang arti menghargai latar belakang sebuah budaya sebagai suatu kejayaan khasanah budaya bangsa.

Serta mendukung, sekaligus berharap agar Kota Tangerang Selatan menjadi salah satu kota budaya di Indonesia, jelasnya.

Aktivis yang getol dalam setiap kegiatan kemasyarakatan ini menyebutkan, dalam kegiatan ini Lembaga Budaya Betawi (LBB), Kota Tangerang Selatan sepakat akan melibatkan instansi pemerintahan, terutama kantor Budaya dan Pariwisata setempat, organisasi Kebetawian, seniman dan pelaku budaya Betawi, organisasi kemasyarakatan serta seluruh lapisan masyarakat se-Kota Tangsel, ungkapnya. (*)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

XL Axiata Tingkatkan Sosialisasi 4G LTE di Jatim

Tangsel – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas layanan 4G LTE di berbagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan