APKLI Kota Tangsel Siap Fasilitasi Para Pedagang Mikro | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / APKLI Kota Tangsel Siap Fasilitasi Para Pedagang Mikro
Iklan Ucapan
Desman Ariando, S.Pd, Ketua DPD APKLI Kota Tangerang Periode 2013-2016

APKLI Kota Tangsel Siap Fasilitasi Para Pedagang Mikro

Serpong – Dalam Rembug Pemuda Tangerang Selatan yang membahas peran serta pemuda dalam bidang perekonomian, yang diselenggarakan di Joglo JPG, Lengkong Gudang, Jum’at (9/12/2016) lalu juga dihadiri Ketua DPD APKLI Kota Tangsel, Desman Ariando, S,Pd beserta Sekjen dan jajaran pengurus lainnya.

Pada kesempatan itu, Desman menegaskan, bahwa penguatan ekonomi bagi pemuda di Tangsel harus disertai akses permodalan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha.

 

“Untuk itu APKLI Tangsel akan fasilitasi para pemuda yang menjadi pelaku usaha mikro di Kota Tangsel untuk dapatkan Kredit Usaha Rakyat,” kata Desman.

“APKLI sudah bekerjasama tripartit dengan Bank Artha Graha dalam menyalurkan KUR bagi ekonomi mikro menggunakan Modiیkasi Grameen Bank untuk mendapatkan akses permodalan sampai Rp. 25 juta tanpa agunan,”ujarnya.

Ditambahkannya, Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (red. APKLI), menerapkan sistim pola selected dan tanggung renteng, berbasis komunitas dan pendampingan.

Karena itu, Desman mempersilahkan pelaku usaha kecil untuk menghubungi pengurus APKLI yang ada di tiap kecamatan dan paguyuban PKL jika para pemuda Tangsel pelaku usaha mikro ingin dapatkan fasilitas pinjaman KUR, terang Desman menambahkan.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh tokoh-tokoh pemuda di Tangsel itu, Desman juga mengeluhkan bahwa selama ini kesulitan anggota APKLI dalam ajukan KUR adalah mendapatkan Surat Keterangan Usaha (SKU) yang menjadi salah satu persyaratan.

Karena itu APKLI mendesak Pemkot Tangsel memberikan kemudahan dalam pemberian Surat Keterangan Usaha (SKU) terutama kepada anggota APKLI sebagai persyaratan dalam pengajuan KUR sehingga mereka memperoleh modal usaha dari perbankan, terutama usaha sektor mikro atau menengah ke bawah.

“Kita berharap, Pemkot Tangsel hadir ditengah-tengah masyarakatnya, untuk mengetahui sesungguhnya apa yang menjadi kendala pelaku usaha kecil. Ketika Pemkot melihat langsung, maka seharusnya dapat memikirkan cara membantu permodalan, salah satunya berikan masyarakat kemudahan untuk mengurus dan mendapatkan Surat Keterangan Usaha (SKU),” tegas Desman.

Pelaku Usaha kecil sebagai ekonomi mikro perkotaan sudah selayaknya dibantu persyaratannya seperti SKU dalam pengajuan dan akses perbankan untuk mendapatkan pinjaman KUR untuk modal usaha mereka.

“Tolong permudah dan jangan persulit bagi pelaku usaha kecil mendapatkan sepotong SKU, karena sepotong surat itu, akan memberikan harapan mendapatkan modal usaha,” pungkas Desman Ariando, S. Pd selaku Ketua DPD APKLI Kota Tangsel kepada awak media. (*)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Walikota Tangsel Kunjungi Pospam Bintaro Jaya

Pondok Aren – Jelang takbiran puluhan botol minuman keras (Miras) di sita dan sejumlah remaja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *