Kota Tangsel Sudah “Punya” Puskeswan | BIDIK Tangsel
Home / Kesehatan / Kota Tangsel Sudah “Punya” Puskeswan
Iklan Ucapan

Kota Tangsel Sudah “Punya” Puskeswan

Serpong – Gedung Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang pertama di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) resmi beroperasi, Jumat (2/12/2016).

Puskeswan yang berlokasi di areal tanah Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang bersebelahan dengan Taman Hutan Kota, di Jalan Tidore Kelurahan Jombang Kecamatan Ciputat, dibangun dengan APBN Kementerian Pertanian melalui DAK (Dana Alokasi Khusus tahun 2016) sebesar 1,33 Milyar rupiah.

Dalam peresmian tersebut hadir, Anna Sulastri dari Direktorat Kesehatan Hewan Dirjen. Peternakan Provinsi Banten, Walikota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany SH., MH., perwakilan Dinas Pertanian dan Pertanian (Distanak) Provinsi Banten,
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Ka DPKP) Kota Tangsel, Dadang Rahardja, diikuti oleh para pengusaha di bidang peternakan, serta pecinta hewan kesayangan yang ada di wilayah Kota Tangerang Selatan.

Dalam sambutannya Anna Sulastri mengatakan Puskeswan diharapkan bisa memberi pelayanan resmi untuk mengamankan hewan agar terjamin mutunya, apalagi untuk hewan yang dikonsumsi manusia.

“Puskeswan juga penting untuk meningkatkan potensi bangsa dan pembangunan di wilayah Tangsel, nantinya harus ada payung hukum, seperti Peraturan Daerah (Perda) agar tidak ada penyimpangan,” kata Anna.

Walikota Airin pun juga mengucapkan terima kasih untuk Kementan yang sudah membangun Puskeswan di Kota Tangsel, agar dapat dimanfaatkan para pecinta hewan kesayangan dan peternak yang berada di wilayah Tangsel.

Sambutan juga disampaikan oleh salah satu dari perwakilan Distanak Banten yang hadir dalam acara tersebut yang menyampaikan keberadaan Puskeswan sangat stategis, guna mewujudkan program Banten bebas penyakit anjing gila (rabies)  tahun 2017-2018, upaya pencegahan penularan penyakit berbahaya tersebut, diantaranya pemberian vaksinasi rabies kepada sejumlah hewan yang rentan terserang rabies seperti anjing, kucing, kera, dan kalelawar dan sosialisasi/penyuluhan virus rabies kepada masyarakat.

Direktorat Kesehatan Hewan juga sangat mendukung keberadaan Puskeswan menuju program Kementan dengan 2 juta bibit sapi dan kerbau se Indonesia, agar kebutuhan daging lokal tercukupi.

Sementara itu, Ka DPKP Tangsel, Dadang Rahardja saat wawancara oleh awak media, mengungkapkan bahwa di Tangsel banyak pecinta hewan peliharaan, atau hewan kesayangan.

“Puskeswan ini sangat membantu masyarakat Tangsel dalam menangani masalah kesehatan hewan,” ucap Dadang.

Dia berharap kedepannya, dengan Puskeswan ini mampu  memberikan pelayanan kesehatan hewan dan bimbingan kepada masyarakat secara berkesinambungan, sehingga masyarakat dapat memahami pentingnya peningkatan pengetahuannya terhadap hewan.

“Kita sudah punya 4 dokter hewan, dan kita juga ada tambahan dokter hewan sebanyak 43 orang yang dapat diperbantukan,” pungkasnya.

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

XL Axiata Tingkatkan Sosialisasi 4G LTE di Jatim

Tangsel – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas layanan 4G LTE di berbagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan