Puskesmas Tangsel Dapat Dana BOK di Tahun 2017 | BIDIK Tangsel
Home / Kesehatan / Puskesmas Tangsel Dapat Dana BOK di Tahun 2017
Iklan Ucapan
Walikota Tangsel saat di Puskesmas Pondok Betung. (foto:plpnews)

Puskesmas Tangsel Dapat Dana BOK di Tahun 2017

Serpong – Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) merupakan salah satu program pemerintah melalui Kementerian Kesehatan. Sumber dana Bantuan Operasional Kesehatan yaitu APBN melalui Dana Tugas Pembantuan Kementrian Kesehatan

Untuk Tahun 2017, Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Kota Tangsel yang berasal dari APBN Pusat naik dari tahun sebelumnya.

Kepala Sub. Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan (PEP) Dinkes Tangsel, Aryo Dermawan menjelaskan kepada awak media saat acara Dinkes Tangsel yang diselenggarakan di Resto BUPE di Jalan Cilenggang I No.53, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Rabu (7/12/2016).

Menurut Aryo Dermawan selaku Kasubag PEP Dinkes Tangsel, anggaran yang turun berasal dari APBN Pusat mengalami kenaikan. Di tahun 2016 sebesar 5 Milyar dan tahun 2017 mencapai 8 Milyar.

Dana ini akan kita bagikan ke 26 Puskesmas se-Tangerang Selatan sebagai program bantuan operasional kesehatan.

“Dana yang turun atau namanya Dana Transfer Daerah harus disinkronisasikan dengan program pemkot sehingga tidak tumpang tindih. Dan kita segera mempersiapkan perencanaan dan operasionalnya. “ujarnya.

Selanjutnya, di sinkronisasikan program tersebut dengan kegiatan di RPJMD dengan Dinkes Tangsel terkait turunnya dana dari APBN Pusat.

“Tujuannya menghindari jangan sampai, ketika kita susun anggaran dari pusat tidak ada sangkut paut atau hubungannya dengan kebijakan pemda, “kata Aryo kepada awak media.

Oleh karena itu, kita undang pihak Bappeda Kota Tangsel selaku koordinator terhadap evaluasi dan laporan yang dilakukan pertiga bulan sekali terhadap anggaran yang diturun dari Pusat.

“Laporan pertiga bulan sekali akan disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Keuangan sebagai bentuk pertanggung jawaban kita atas pengelolaan dana APBN yang diturunkan, “kata Aryo menjelaskan.

Harapan kedepan, kita berupaya meningkatkan dan menciptakan prilaku hidup bersih dan sehat. Karena selama ini orang datang ke puskesmas hanya berobat tetapi kedepannya mendapatkan informasi kesehatan dan pelayanan kesehatan, contohnya promosi kesehatan dan atau pemeriksaan ibu hamil.

Diutarakannya, kita harus mempunyai pradigma sehat yang intinya mencegah sebelum sakit. Saat diminta tanggapan Carolin dari Bappeda Tangsel hanya mengatakan, saya hanya sebatas memaparkan materi terkait program perencanaan daerah tangsel. silahkan tanyakan kepada pihak penyelengara dari Dinkes Tangsel. (*)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

XL Axiata Tingkatkan Sosialisasi 4G LTE di Jatim

Tangsel – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas layanan 4G LTE di berbagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan