DKPP Tangsel Gandeng IPB Pondok Aren Bakal dijadikan Pilot Project Budidaya Ikan | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / DKPP Tangsel Gandeng IPB
Pondok Aren Bakal dijadikan Pilot Project Budidaya Ikan
Iklan Ucapan

DKPP Tangsel Gandeng IPB
Pondok Aren Bakal dijadikan Pilot Project Budidaya Ikan

PONDOK AREN – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), terus memantau perkembangan sejumlah Kelompok budidaya ikan yang tersebabar di tujuh di tujuh kecamantan agar produksi ikan hias di kota Cerdas, Modern dan Religius terus berkembang.

Kepala DPKP Nurslamet melalui Kasi Perikanan & Budidaya Muhid mengatakan produksi ikan hias di Tangsel cukup menjanjikan, disamping memiliki nilai ekonomis yang tinggi, tempat untuk membudidayakan ikan hias juga tidak membutuhkan lahan yang luas. Bahkan nanti Pondok Aren, akan dijadikan Pilot project.

“Kami telah bekerjasama dengan Balitbang Ikan Hias Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang ada di Depok dan mahasiswa dari Institut Pertanian (IPB) Bogor, “kata Muhid, saat mendatangi Kelompok budidaya ikan Bina Utama Mandiri
bersama rombongan Mahasiswa IPB, di Kelurahan Parigi Baru, Pondok Aren, Kota Tangsel, Rabu (10/05)

menjelaskan, kunjungan kerja yang kedua kali ke Pondok Aren berkaitan pembinaan setelah sejumlah kelompok kendapat bantuan benih ikan dua bulan yang lalu. Tujuannya untuk memetakan komoditas jenis ikan yang cocok dikembangkan di Tangsel.

“Berdasarkan catatan jumlah kelompok budidaya ikan, saat ini tercatat sebanyak … kelompok. Kami tidak hanya terfokus jenis ikan konsumsi saja, kedepannya kami ingin menjadikan ikan hias sebagai maskot Tangsel,” ujarnya

Nurslamet menuturkan produksi ikan hias di Tangsel cukup menjanjikan, disamping memiliki nilai ekonomis yang tinggi, tempat untuk membudidayakan ikan hias juga tidak membutuhkan lahan yang luas.

“Misalnya di Pondok Aren cocoknya komoditi ikan hiasnya jenis apa, kualitas airnya bagaimana. Nanti akan kita petakan di wilayah mana ikan hias itu yang cocok. Dengan pemetaan seperti ini pengembangan budidaya ikan hias akan berkembang dengan baik,” ujarnya.

Umar selaku pakar ikan hias sekaligus pembina kelompok budidaya ikan yang di Pondok Aren mengatakan, dengan sering dikunjungi dari pemerintah akan dapat menambah semangat.

“Kami sangat bersyukur karena kami tidak asal-asalan lagi membudidaya ikan. Dari pengalaman kondisi lingkungan dan air di Pondok Aren, sepertinya cocok untuk semua jenis ikan tawar. Yang penting pembinaan lebih sering dilakukan agar semua pembudidaya ikan di sini lebih semangat,”kata Umar.

Dalam kesempatan itu, Ketua Kelompok Bina Usaha Mandiri Hendra menjelaskan, ada beragam jenis ikan hias yang dikembangkan. Antara lain ikan rainbow dengan berbagai varian, Green Tiger, Manvis, Neon Tetra dan lainnya.

“Selain ikan hias bisnis ikan untuk konsumsi juga cukup menjanjikan, disamping memiliki nilai ekonomis yang tinggi, tempat untuk membudidayakan ikan hias juga tidak membutuhkan lahan yang luas. Dan pemasarannya cukup terbuka. “kata Hendra (*)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

DPC Partai Garuda Kota Tangsel Mendaftar Ke KPU Tangsel

Serpong – Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilihan Umum 2019 di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *